Menangi Banyak Kompetisi Blog Jadi Cara Dwi Andika Pratama Supaya Dilirik Cewek

Photo: dokumentasi pribadi Dwi Andika Pratama

Punya penghasilan sendiri dari hobi yang kamu suka tentu menyenangkan. Apalagi kalau hobi tersebut bisa bikin kamu dikenal banyak orang, dapat tawaran jadi pembicara, sampai bisa memberi dampak untuk lingkungan sekitar. Kalau masa mudamu diisi banyak prestasi, percaya deh, itu bisa jadi cara untuk memikat hati gebetan dan calon mertua.

Nah, High Quality Jomlo InspiratorFreak minggu ini adalah Dwi Andika Pratama. Blogger yang sering nangkring sebagai juara di berbagai kompetisi nge-blog ini akan menceritakan perjalanannya di dunia blogging sekaligus alasannya tetap aktif nge-blog. Mari, simak percakapan seru InspiratorFreak bersama Dika berikut ini, Inspirator.

Halo, Dika. Apa kabar? Bisa ceritakan kamu sibuk apa sekarang?

Hai, kabar baik. Perkenalkan, saya Dwi Andika Pratama, saat ini masih berkuliah di Universitas Muhammadiyah Tangerang jurusan Ilmu Komunikasi. Di sela kesibukan kuliah, saya juga aktif sebagai blogger, freelancer, dan content writer. Saat ini, saya sedang fokus mengikuti berbagai kompetisi blog, bikin konten di Instagram, dan menyiapkan materi untuk workshop. Jadi, aktivitas saya memang nggak jauh-jauh dari nge-blog.

Berbicara soal blog, bagaimana sih awal mula perjalananmu nge-blog?

Saat SMA, saya dipercaya untuk memegang kunci laboratorium komputer. Saat itu saya terpikir untuk memanfaatkan komputer yang ada dan membuat blog pertama saya. Namun, blog itu sempat tidak terurus dan saya tinggalkan. Pada 26 Juli 2015, saya mulai serius nge-blog lagi dan langsung beli domain (.com). Selain menulis, saya berencana menjadikan blog sebagai tempat jualan produk secara online. Lambat laun, punya blog justru membuat saya memiliki banyak kesempatan untuk ikut berbagai lomba blog yang diadakan organisasi atau perusahaan. Saya jadi semakin semangat untuk rutin nge-blog dan ikut kompetisi. Bukan untuk ngejar hadiah, tapi untuk pencapaian saya pribadi. Nantinya, pencapaian itu akan berguna untuk portofolio saya.

Lalu, bagaimana cara kamu mencari ide tulisan untuk blog dan menjaga konsistensi nge-blog?

Cara mencari ide tulisan versi saya adalah dengan membaca banyak buku. Selain bisa mendapatkan sudut pandang baru, perbendaharaan kata untuk menulis pun akan meningkat sehingga saya tidak kesulitan lagi untuk menuangkan ide. Selanjutnya masalah konsisten nge-blog, sebetulnya hal ini cukup sulit dan saya pun masih bertahap untuk membangunnya. Nah, untuk menyiasatinya, di sini saya punya dua blog–satu blog profesional, satu lagi blog daily life. Di blog daily life saya memaksa diri untuk rutin menulis setiap hari. Tulisannya pun bercerita tentang pengalaman, ide, dan banyak hal lain. Yang terpenting, saya harus menulis setiap hari supaya jemari tangan nggak kaku dan saya jadi terbiasa untuk menuangkan apa yang ada di pikiran.

Photo: dwiandikapratama.com

Setuju! Nah, kalau ada Inspirator di luar sana yang tertarik untuk nge-blog, menurutmu platform blog apa yang paling bagus dan cocok untuk pemula?

Kalau untuk melatih keterampilan dan kebiasaan menulis, saya sarankan pakai blogspot dulu. Selain gratis, tampilan dan fiturnya pun mudah digunakan untuk pemula. Nanti, kalau ingin beralih ke blog profesional, kamu bisa pakai WordPress yang self host dan beli hosting sekaligus domain sendiri. Kalau WordPress lebih nyaman digunakan untuk bikin blog profesional dan cocok untuk berjualan.

Menurutmu, mending berbagai topik dalam satu blog, atau sebaiknya dipisah?

Tergantung, kalau untuk personal blog biasanya topiknya “gado-gado”. Kekurangannya, pembacamu jadi nggak tertarget dan isi tulisannya bikin bingung karena nggak fokus membahas satu tema. Tapi, kalau hanya ada satu topik di dalam blog, itu namanya niche blog, pembacanya lebih tertarget. Jadi, disesuaikan sama tujuanmu nge-blog.

Memangnya, tujuanmu nge-blog untuk apa, sih?

Sebenarnya sederhana, saya ingin tulisan saya dibaca banyak orang dan sekarang saya berpikir bahwa blog merupakan cara untuk memberi tahu ke orang lain kalau saya punya karya. Terus, saya juga bisa meningkatkan kredibilitas saya di dunia digital. Jadi, kalau nanti ketemu klien atau ngelamar kerjaan, track record saya bisa dicek melalui blog.

Bisakah nge-blog dijadikan sumber penghasilan? Kamu kan termasuk yang sering “langganan” menang kompetisi. Sekalian kasih tips untuk Inspirator lainnya, ya.

Bisa banget! Saya punya beberapa jalur supaya blog saya bisa jadi sumber penghasilan. Yang pertama, kalau kamu aktif nge-blog, kamu bisa manfaatkan itu untuk mengikuti kompetisi blog. Kedua, tunjukkan kemampuan dan karyamu di blog, karena saya juga dapat tawaran bikin website dari orang-orang yang sudah melihat karya dan keahlian saya lewat blog. Melalui blog juga, saya justru dapat tawaran pekerjaan dan diundang jadi pembicara. Nah, kalau untuk penghasilan yang paling besar saat ini dari mengikuti kompetisi blog. Saya pernah dapat hadiah laptop, lho.

Berdasarkan pengalaman, saya punya tiga tips supaya menang kompetisi blog. Pertama, bikin headline yang menarik sehingga berpotensi dilirik juri. Kedua, sajikan dengan sudut pandang berbeda, sehingga meninggalkan bekas di benak pembaca. Ketiga, gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan isi dan target pembaca. Tiga tips ini bisa kamu lakukan dalam membuat sebuah konten blog. Kalau mau tips nge-blog lainnya, langsung intip di sini.

Photo: Instagram @kadikatalk | Saat menjadi pembicara materi Internet Marketing for UMKM di UHAMKA

Terima kasih untuk tipsnya! Oh ya, berhubung kamu masih jomlo, pandanganmu terkait jomlo seperti apa?

Jomlo bisa jadi ajang peningkatan kualitas diri. Aktif mengikuti kompetisi blog juga menjadi cara saya untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus supaya dilirik sama lawan jenis. Hehehe…

Wah, boleh juga tuh triknya. Memang, apa alasanmu memilih untuk men-jomlo?

Sederhana sih, selain karena belum menemukan yang cocok, saya juga nggak mau ribet. Misalnya, saya lagi fokus nulis tiba-tiba dia ngapain atau minta sesuatu tapi saya lagi nggak bisa, saya nggak mau ribet ngejelasin banyak hal sama dia. Intinya sih begitu.

Terakhir, pesan apa yang ingin kamu sampaikan untuk Inspirator di luar sana?

Hiduplah dengan tujuan–sesuatu yang selalu kamu bawa dalam doa dan usaha–dan hiduplah dengan memiliki keterampilan. Dengan keterampilan, kamu bisa menemukan tujuan hidupmu. Lalu, jalin relasi, karena relasi akan menjadi pintu rezeki untukmu. Intinya, saya ingin menyampaikan pada Inspirator kalau kamu harus punya tiga hal, yaitu tujuan, keberanian, dan relasi. Contohnya, salah satu tujuan hidup saya adalah bayar kuliah dengan uang sendiri. Saya cari tahu dulu keterampilan saya ada di sisi apa, lalu saya tukar keterampilan itu dengan uang melalui relasi yang saya punya. Untuk menukar keterampilan menjadi uang, butuh keberanian dan ikhtiar untuk melakukannya. Jadi, jangan pernah takut untuk menunjukkan keterampilan yang kamu miliki.

Prestasi Dwi Andika Pratama

Dika mengajak kamu untuk unjuk keahlian dan karya di era digital melalui aktivitas nge-blog. Kalau kamu tekun, blog-mu pasti bisa menjadi sumber penghasilan.

Inspirator juga ingin menjadi blogger profesional seperti anak muda satu ini? Yuk, kenal lebih dekat dengan Dika melalui akun Instagram @kadikatalk. Kunjungi juga blog Dika untuk dapat inspirasi lainnya.

Penasaran siapa lagi High Quality Jomlo yang pernah berbagi inspirasi di InspiratorFreak? Baca kisah Wirawan Perdana yang “bocorkan” rahasia jadi Duta Bahasa Banten 2018 di sini dan perjuangan Mella Sarah mengejar PTN impian di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here