Menang Telak di Kancah Internasional: Dunia Memilih Indonesia untuk Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Gambar di atas memperlihatkan ekspresi syukur Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, ketika tanggal 8 Juni 2018, Indonesia lagi-lagi mengukir prestasi membanggakan di dunia internasional. Melalui sistem pemungutan suara yang berlangsung secara tertutup, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk mewakili wilayah Asia dan Pasifik dengan meraih 144 suara dari 190 negara yang hadir, dan tidak ada negara yang abstein.

Dengan mengantongi lebih dari dua per tiga anggota yang hadir, Indonesia menang telak menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk keempat kalinya (periode 2019-2020), setelah yang terakhir pada 2006-2008.

Faktor apa yang membuat begitu banyak negara di dunia mendukung keanggotaan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB? Negara-negara anggota PBB mencermati rekam jejak diplomasi dan kontribusi nyata Indonesia bagi perdamaian, kemanusiaan dan kesejahteraan di kawasan dan global.

Apa fokus Indonesia di Dewan Keamanan PBB?

Menlu Retno dalam konferensi pers usai pemilihan menjawab ada empat fokus Indonesia di Dewan Keamanan PBB.

Photo credit: ROMEO RANOCO/AFP

“Pertama, memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Kedua, Indonesia juga akan berupaya meningkatkan sinergi antara organisasi di kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian. Ketiga, dalam menghadapi tantangan bersama masyarakat Internasional dari terorisme dan ekstremisme, Indonesia akan mendorong terbentuknya global comprehensive approach untuk memerangi terorisme, radikalisme dan ekstremisme. Keempat, Indonesia juga akan mendorong kemitraan global agar tercapai sinergi antara penciptaan perdamaian, keamanan dan kegiatan pembangunan berkelanjutan.”

Memenangkan kursi keanggotaan di Dewan Keamanan merupakan puncak pencapaian bagi banyak negara, karena kedudukan ini membuat mereka mereka memiliki suara kuat dalam banyak hal yang terkait perdamaian dan keamanan internasional. Menlu Retno Marsudi menegaskan, isu Palestina tetap menjadi perhatian Indonesia selama menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

Saksikan reaksi Menlu RI, Retno Marsudi, di video singkat ini:

Pelan tapi pasti, dunia internasional semakin melihat potensi negara kita. Saya semakin bangga Indonesia. Kalau kamu?

(Dari berbagai sumber. Video credit: VOA Indonesia)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here