Rangkaian kompetisi ‘code-for-career’ terbesar di Indonesia, Kode Indonesia 2017, sebuah inisiatif inovatif oleh Kalibrr untuk membantu programmer memulai karir di perusahaan teknologi ternama di tanah air, telah mencapai puncaknya. Acara ini menghadirkan serangkaian agenda yang meliputi babak final Kode Indonesia 2017, career-talks, diskusi panel, dan sesi networking.

 Pesatnya perkembangan industri teknologi Indonesia yang dianggap memiliki potensi tinggi dalam menggerakkan perekonomian dan bisnis negara, berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun demikian, berdasarkan data dari peta okupasi nasional, kebutuhan tenaga kerja di bidang tersebut justru belum terpenuhi hampir di semua lini kategori.

Mencoba mengatasi ketimpangan ini, Kalibrr, sebuah perusahaan rekrutmen berbasis teknologi berskala global yang memiliki misi untuk membantu generasi milenial dalam membangun karir mereka, menyelenggarakan Kode Indonesia 2017 – sebuah kompetisi ‘coding’ yang menghubungkan perusahaan-perusahaan ternama seperti Bank BTPN, GO-JEK, Blibli.com, Accenture, Home Credit Indonesia, Cartenz Group, Amazon Web Services dan Facebook dengan lebih dari 3,000 programmer di seluruh Indonesia.

Melalui dua kompetisi online dan satu babak final, peserta bersaing untuk mendapatkan lebih dari 300 peluang karir, hadiah total senilai 150 juta Rupiah, dan kesempatan untuk terhubung langsung dengan pakar-pakar di bidang teknologi. Babak final berbentuk kompetisi berdurasi 120 menit pun dilangsungkan pada hari Kamis, tanggal 26 Oktober 2017 yang lalu di Menara BTPN, Mega Kuningan, Jakarta.

Pada babak ini, sebanyak 50 finalis diberangkatkan dari daerah asal masing-masing, dan 10 besar diantaranya berhasil unjuk kemampuan meraih gelar juara. Mereka adalah Ricky Sentoso (Jakarta), Pusaka Kaleb Setyabudi (Jakarta), Arnold Ardianto (Jakarta), Turfa Auliarachman (Bandung), Fredy Ong (Medan), Archie Pusaka (Tangerang), Josua Aditya (Yogyakarta), Sidiq Tri Pratikto (Yogyakarta), Zetra (Depok), dan Ryan Ignatius (Bandung).

Salah satu finalis Kode Indonesia 2017, Yusuf Pangaribuan, yang berasal dari Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, mengaku senang dengan adanya kompetisi seperti Kode Indonesia yang memberikan kesempatan bagi anak-anak daerah sepertinya untuk berkarya dan berkompetisi di tingkat nasional.

“Indonesia sebenarnya punya banyak programmer yang kualitasnya tidak kalah dengan programmer asing. Hanya saja memang belum terekspos. Melalui Kode Indonesia 2017, programmer lokal seperti saya dan teman-teman lain mendapat kesempatan untuk saling membangun koneksi, bukan hanya antar sesama, namun juga dengan pakar-pakar teknologi di perusahaan ternama. Di daerah kecil seperti Laguboti, kampung saya, kompetisi seperti ini sangat susah diperoleh informasinya. Padahal cukup banyak teman-teman saya yang juga programmer disana. Kompetisi ini menunjukkan bahwa potensi programmer lokal untuk membangun Indonesia ke depannya, tersebar di seluruh daerah, termasuk daerah saya,” ujar Yusuf.

Kalibrr juga menyoroti bahwa seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kerja di sektor teknologi maka semakin tinggi pula standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Guna menjawab permasalahan ini, sebagai puncak acara dari rangkaian kompetisi Kode Indonesia 2017, Kalibrr mengadakan sebuah seminar yang membahas tentang manajemen pengembangan karir generasi milenial Indonesia di bidang teknologi, yaitu Scale Up Your Tech Career 2017, di @america Pacific Place, Jakarta.

Adapun beberapa pembicara yang hadir dalam Scale Up Your Tech Career 2017 diantaranya adalah Siauw Gie Kian (Vice President of Development Blibli.com), Gito Wahyudi (Founder & Chief Executive Officer Cartenz Group), Thomas Dudasko (Chief IT & Operations Officer Home Credit Indonesia), Donald Tirtaatmadja (Director Communication-Media-Tech Accenture Indonesia), Niranjan Paranjape (Chief Technology Officer), dan Alfonso Tambunan (Digital Banking Solution Head Jenius).

Sebagai platform pelatihan online dan situs perekrutan untuk pencari kerja dan perusahaan, Kalibrr bertujuan untuk menjadi bagian dari ekosistem yang tumbuh cepat untuk membantu mengembangkan lansekap industri teknologi di Indonesia. Melalui Kode Indonesia, Kalibrr secara aktif menunjukkan komitmen dalam membangun ekosistem industri teknologi tanah air yang lebih baik.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY