Sumber : guetau.com

Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat HARDIKNAS diperingati setiap tanggal 2 Mei. Kita pasti tidak asing mendengar kata pendidikan. Pendidikan sendiri tidak terbatas hanya yang dilakukan di bangku sekolah atau kuliah tapi lebih dari itu. Pada hari pendidikan nasional kali ini, mari kita memaknai lebih dalam apa sih pendidikan itu. Yuk, simak!

1. Pendidikan Itu Tidak Terbatas

FOto: Dailymail.co.uk

Ya, pendidikan itu tidak terbatas. Baik dari segi usia, tempat ataupun waktu. Pendidikan merupakan sesuatu yang fleksibel karena belajar bisa di mana, kapan, dan dari mana saja. Saat kita bersosialisasi pun kita belajar untuk mengenal banyak orang. Karena pendidikan bukan hanya sebatas bagaimana nilai yang tercantum di dalam lembar rapot sekolah. Tapi, bagaimana orang tersebut belajar dari banyak hal. Mulai dari hal yang kecil maupun yang besar. Sehingga, pengetahuan yang luas akan didapat.

2. Pendidikan Itu Dasar

Foto: Chdrc.ucd.ie

Pendidikan itu adalah dasar. Ibaratnya, kerangka berpikir kita dibangun lewat perantara pendidikan. Bagaimana kita mengontruksikan pikiran kita pun juga ikut dibentuk oleh pendidikan. Bagaimana kita melihat dunia ataupun bagaimana kita melihat sebuah masalah yang ada, tercermin dari pendidikan yang sudah kita dapat.

3. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Foto: Beritadaerah.co.id

Tertuang pada alinea ke-4 UUD 1945, mencerdasarkan kehidupan bangsa. Hal ini mencerminkan bahwa dari awal terbentuknya negara Indonesia, pendidikan dilihat menjadi hal yang sangat penting. Bahkan merupakan salah satu cita-cita negara Indonesia. Pendidikan di Indonesia sudah mengalami kemajuan. Mulai dari memberikan beasiswa bagi yang kurang mampu maupun memperbaiki mutunya sendiri. Hal ini mencerminkan niat pemerintah dalam mewujudkan cita-cita negara ini. Namun, semuanya mungkin membutuhkan proses. Proses ini sendiri juga tidak bisa hanya dijalankan oleh pemerintah namun juga seluruh elemen yang terlibat contohnya diri kita sendiri sebagai pelajar.

4. Pahit atau Manis?

Foto: mangKoko.com

Kalian pasti pernah mendengar pepatah yang pada intinya mengatakan bahwa awal memang kita merasa pahit namun hasilnya akan berbuah manis. Hal ini mungkin dapat dijadikan acuan dalam hal pendidikan. Walaupun kita tidak tahu hasil yang ada. Namun, bila kita sudah merawat sebuah tanaman dengan baik maka hasilnya akan berkualitas. Buahnya juga pasti akan manis. Begitu juga pendidikan yang memang butuh perjuangan untuk dapat menghasilkan sesuatu yang “manis”.

5. Pendidikan Seperti Sebuah Paspor

Foto: Cermati.com

Ada sebuah kutipan dari Malcolm X yang mengatakan bahwa pendidikan itu adalah paspor kita menuju masa depan. Menarik bukan? Bila kita telaah dari kutipan tersebut menyimpan makna yang sangat dalam. Pendidikan sendiri memang merupakan “alat” dari satu jenjang sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Paspor sendiri dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dapat menjadi “pembuka” untuk melihat dunia yang lain. Yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Semoga pendidikan di Indonesia dapat terus ditingkatkan baik secara mutu maupun secara pemerataannya. Sehingga, tidak ada lagi kesenjangan di bidang pendidikan. Dan semua orang dapat mengenyam pendidikan yang sama.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Inspirator! (Noviyanti)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY