Melawan Hoax Bareng Komunitas Masyarakat Indonesia Anti Hoax

Para tokoh dan aktivis media sosial mendeklarasikan gerakan turn back hoax | Sumber: Spirit NKRI

Persoalan hoax pada awalnya memang hanya berfokus pada persoalan yang sepele, namun rasanya menjelang akhir tahun 2016 kamu mungkin kesal atau jenuh ketika linimasa berbagai media sosialmu dipenuhi dengan konflik-konflik ujaran kebencian dan informasi bohong. Hoax yang pada awalnya tidak memiliki pengaruh signifikan dalam kehidupan kita berubah menjadi sesuatu yang cukup mengkhawatirkan.

Tidak jarang banyak hubungan pertemanan, persahabatan, kekeluargaan, kekerabatan putus hanya karena bertengkar di media sosial akibat hoax. Persoalan hoax juga bisa menjadi senjata ampuh dibandingkan senjata api dalam memecah keutuhan Indonesia, karena hoax tidak membunuh nyawa melainkan membunuh intelektual seseorang.

Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita untuk tidak mudah menelan mentah-mentah karena hoax kali ini tidak memandang siapa saja, tidak memandang seberapa besar tinggi tingkat pendidikan karena faktanya orang yang berpendidikan tinggi juga ikut membagikan hoax di media sosialnya.

dwi

Salah satu cara untuk jeli dalam menghadapi hoax adalah dengan mengikuti berbagai forum online yang digagas oleh Komunitas Masyarakat Indonesia Anti-Hoax. Komunitas ini diketuai oleh seorang aktivis media sosial Septiaji Eko Nugroho, yang gerah dengan semakin maraknya hoax yang beredar. Ia bersama anggota lainnya melawan hoax dengan mencari data dan fakta yang kuat dari berbagai sumber. Komunitas ini menyediakan situs referensi bagi kamu dalam melihat hoax yang beredar. Selain itu jika kamu memakai browser Google Chrome, komunitas itu juga menyediakan extension yang bisa kamu klik jika menemukan hoax sebagai bentuk langkah kecil kamu dalam melawan hoax.

Ekstensi Bagi Pengguna Google Chrome untuk melaporkan segala macam bentuk hoax
Ekstensi Bagi Pengguna Google Chrome untuk melaporkan segala macam bentuk hoax

Apabila kamu masih memiliki facebook, kamu bisa bergabung dengan Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax. Karena di dalam forum itu setiap anggota berhak melaporkan dan berpartisipasi dalam memecahkan hoax yang menjadi bahan diskusi di forum.

Situs remotivi.or.id bisa berguna bagi kamu dalam memperluas wawasan kamu tentang media
Situs remotivi.or.id bisa berguna bagi kamu dalam memperluas wawasan kamu tentang media

Sementara di sisi lain, agar kamu menjadi orang yang paham mengenai literasi media. Alangkah baiknya kamu bisa mengakses situs remotivi.or.id karena situs tersebut akan mampu memberikan wawasan yang luas mengenai fenomena di media massa Indonesia termasuk persoalan media sosial.

Sudah saatnya generasi muda ikut mewujudkan jargon Turn Back Hoax agar bisa menjadi manusia yang bisa berpikir jernih bukan menjadi generasi yang mudah terpancing emosinya dan mudah menghasut. Saatnya manusia-manusia Indonesia melek media.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Dylan Aprialdo Rachman

Editor : Dylan Aprialdo Rachman

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here