Media Sosial, Tempat Bersosialisasi yang Beralih Fungsi

Media Sosial
Ilustrator : Tribunnews.com

Sixdegrees.com merupakan situs media sosial pertama yang muncul pada tahun 1997, kemudian disusul oleh situs media sosial lainnya yang jumlah dan fasilitas yang ditawarkan di dalamnya kian meningkat. Beberapa situs media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter, Path serta Instagram dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Menurut Inspirator, siapa dan berasal dari kalangan apa sajakah pengguna media sosial di Indonesia?

  1. Pengguna Facebook adalah mereka yang “Telat Gaul”
Media Sosial
Ilustrator: Jatimtech.com

Tahukah Inspirator? Pengguna Facebook yang sangat aktif saat ini bisa dikatakan adalah mereka yang ‘telat gaul’ atau mereka yang baru mengenal facebook disaat media sosial lain mulai populer. Mereka memposting foto dengan gaya yang sudah ketinggalan atau sekedar menulis status dengan sangat sering dan menggunakan bahasa yang menurutnya “gaul”. Facebook seolah berubah menjadi buku harian mereka, padahal hal itu merugikan karena Facebook bisa menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Meskipun demikian, banyak pula orang yang berhasil memanfaatkan Facebook untuk bisnis mereka.

  1. Twitter, media sosial sederhana yang kerap dijadikan tempat perang
Media Sosial
Ilustrator: Didno.76.com

Jika dibandingkan dengan yang lainnya, Twitter merupakan media sosial yang paling sederhana karena untuk setiap tweet atau kicauan hanya dibatasi sampai 140 karakter. Meskipun demikian, ternyata twitter menjadi media yang paling banyak digunakan untuk ‘berperang’. Perang saling beradu argumen atau saling sindir antar penggunanya yang dapat berpengaruh sangat fatal apalagi jika sudah menyangkut masalah SARA, politik dan kenegaraan. Dari tweetan yang tak lebih dari 140 karakter dapat berujung di penjara bahkan sampai mengakibatkan kehilangan nyawa.

  1. Instagram, tempat paling tepat untuk penyair dan ‘Tukang Foto’
Media Sosial
Ilustrasi: Dailysocial.id

Instagram merupakan tempat yang sangat tepat untuk mereka yang menggemari dunia fotografi. Foto yang mereka ambil dapat mereka bagikan  dengan menambahkan beberapa filter yang disediakan oleh Instagram. Tidak hanya itu, dari Instagram mereka juga dapat membagikan ke akun media sosial lainnya secara bersamaan.

Yang tidak kalah penting dari kualitas foto dalam Instagram saat ini adalah seberapa menarik caption yang mereka ciptakan. Saat ini banyak foto menjadi lebih menarik karena caption yang mereka tulis. Mereka yang menggemari dunia sastra atau sekedar penyair karbitan pun dapat mengekspresikannya dalam caption pada instagramnya.

  1. Path, untuk si jago makan dan jalan-jalan. 
Media Sosial
Ilustrator: Ucha-weblog.com

Umumnya orang menggunakan path untuk memberikan informasi seputar tempat makan atau tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi seperti tempat wisata atau belanja. Path sedikit lebih private karena hanya orang-orang yang berteman dengan pemilik akun yang bisa melihat apa yang kita posting. Path sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Facebook atau Twitter, namun menjadi booming karena di dalam path ada kombinasi antara Facebook atauTwitter, Foursquare, dan Instagram.

Penulis: Dewi Nurjanah (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here