Photo: instagram @dietcatering

Menjalankan usaha yang bisa dilakukan di rumah memang menyenangkan. Salah satu peluang usaha rumahan yang bisa kamu lakukan adalah jasa katering. Untuk kamu yang senang memasak, keuntungan usaha katering ini menggiurkan, lho!

Sebelum memulai usaha katering, simak dulu lima tips memulai usaha katering berikut ini.

1. Lakukan riset dan bagikan sample gratis

Ini yang paling pertama harus dilakukan. Kamu harus melakukan survei terkait menu apa yang disukai calon konsumenmu. Setelah tahu, bagikan sample gratis pada calon konsumen untuk mengetahui apakah mereka menyukainya atau tidak.

2. Buat beberapa pilihan paket

Buat beberapa pilihan paket sehingga calon konsumen jadi punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan mereka. Sekarang banyak lho, paket yang ditawarkan usaha katering, misalnya paket hemat, paket sehat, dan paket diet.

3. Taati aturan main

Setelah kamu mendapatkan konsumen, buat kesepakatan mendasar seperti pukul berapa makanan diantar, ke alamat mana, dan sebagainya. Usahakan untuk selalu on time supaya tidak mengurangi nilai usahamu di mata konsumen. Hal ini menentukan panjangnya masa kerja sama, lho!

4. Perhatikan masukan dari konsumen

Sering-seringlah bertanya pada konsumen tentang masakanmu–apa yang kurang, atau apa yang sebaiknya diganti. Terbukalah pada kritik dan saran untuk mengembangkan usahamu.

5. Minta testimoni

Testimoni merupakan kesaksian konsumen terhadap jasa atau produk yang telah mereka coba. Testimoni ini penting karena merupakan tanda usaha kateringmu bisa dipercaya. Selain itu, bisa digunakan sebagai ajang promosi juga, supaya semakin banyak calon konsumen tertarik untuk mencoba.

Mudah, bukan? Inspirator bisa menjalankan usaha katering ini selama bulan Ramadan. Sediakan paket menu yang unik, enak, dan sehat untuk menu berbuka puasa, misalnya, tapi harganya bersaing. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan setiap masakan, ya. Selamat mencoba!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY