Mau Dapat IPK di Atas Tiga? Ini Triknya! (Bagian 1)

Sumber: formarte.edu.co

Meraih IPK di atas tiga pasti menjadi impian tiap mahasiswa. Meskipun beberapa teman mungkin mengatakan IPK tidak penting dalam penentuan masa depan, jangan sampai Inspirator menelan mentah-mentah anggapan tersebut.

IPK tinggi bisa menjadi bukti bahwa Inspirator bertanggung jawab dengan pilihan yang sudah diambil. Meskipun, tetap saja, yang harus dikejar adalah ilmu dari perkuliahan yang diikuti, karena biasanya ilmu yang dikuasai berbanding lurus dengan nilai yang didapatkan. Sedangkan kalau Inspirator sekadar mengejar nilai, belum tentu berbanding lurus dengan ilmu yang didapat.

Berikut ini trik mendapatkan IPK di atas tiga. Yuk, terapkan!

1. Selamat jadi mahasiswa! Eits, jangan senang dulu!

Menyenangkan sekali saat dinyatakan lulus dari SMA/sederajat. Kini, Inspirator telah naik level–jadi mahasiswa. Jangan lalai dan santai di tahun pertama kuliah karena ada kewajiban dan tugas besar menanti. Bersungguh-sungguhlah di semester awal ini.

2. Kesuksesan di semester awal akan jadi motivasi

Orang bijak pernah berkata, keberhasilan di awal adalah setengah dari keberhasilan total. Akan lebih mudah mencapai setengah keberhasilan lagi kalau Inspirator berhasil di tahun pertama perkuliahan. Ini akan menjadikan Inspirator lebih bersemangat lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai-nilai di semester selanjutnya.

3. Kuasai mata kuliah dasar

Mata kuliah dasar sering dianggap remeh. Hanya karena ada kata “dasar”, lalu dianggap tidak penting. Ini keliru. Menguasai mata kuliah dasar akan memudahkan Inspirator untuk menghadapi mata kuliah lanjutan pada semester berikutnya. Maka dari itu, pahami dan kuasai mata kuliah dasar dengan baik.

4. Membuat jadwal kegiatan

Selanjutnya, hati-hati dalam memanfaatkan waktu. Mulai saat ini, kelola waktu dengan membuat jadwal berdasarkan kegiatan yang menjadi prioritas. Hilangkan hal-hal yang membuang waktu. Jangan ragu untuk mengatakan, “Saya sedang mengerjakan tugas,” jika ada teman ingin mengajakmu berbincang, padahal kamu butuh waktu untuk mengerjakan tugas.

5. Aktif di kelas

Saat dosen menerangkan, fokuslah pada materi yang dia sampaikan. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu perkuliahan. Jika dosen membuka sesi pertanyaan, tanyakan hal-hal yang masih belum dipahami dan bagaimana aplikasi teorinya. Ingat, jangan sampai berdebat, ya. Kamu harus paham sifat dosen yang mengajar.

Trik di atas dapat membantumu mendapatkan IPK di atas tiga. Kalau tidak percaya, coba terapkan mulai sekarang dan lihat hasilnya di semester depan ya, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here