Mau Dapat IPK di Atas Tiga? Ini Triknya! (Bagian 2)

Sumber: formarte.edu.co

Saat memasuki semester baru, biasanya Inspirator akan masalah baru. Entah mata kuliah yang semakin sulit, dosen killer di semester baru, atau IPK yang tidak kunjung naik. Inspirator pernah menghadapi salah satu permasalahan itu?

Kalau permasalahan yang kamu hadapi adalah IPK tidak kunjung naik, kamu perlu pahami dulu trik mendapatkan IPK di atas tiga versi InspiratorFreak. Apa saja ya, triknya? Mari simak kelanjutannya!

6. Ulangi terus materinya

Waktu belajar di perkuliahan memang singkat. Makanya, mahasiswa harus lebih berinisiatif untuk belajar sendiri. Ulangi materi yang disampaikan dosen setelah tiba di rumah. Segera cari tahu materi mana yang masih sulit dipahami, dan pelajari sampai benar-benar bisa. Jangan malas untuk mencari soal yang berhubungan dengan materi supaya Inspirator bisa memahami konsepnya.

7. Manfaatkan perpustakaan

Sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan universitas dan pinjam buku yang dianjurkan dosen atau yang sedang kamu butuhkan. Selain bisa menghemat uang membeli buku, perpustakaan juga menjadi pilihan tempat yang tenang untuk belajar.

8. Bergaul dengan teman-teman baik

Jika kamu ingin sukses, bergaullah dengan orang sukses. Jika kamu ingin pintar dan rajin, bergaullah dengan orang pintar dan rajin. Pernyataan ini ada benarnya, karena perilaku dan kebiasaan seseorang dapat dipengaruhi lingkungan pergaulannya. Pintar-pintarlah mencari lingkungan yang bisa “memaksa” Inspirator untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih rajin lagi, sehingga menunjang kesuksesan dalam perkuliahan.

9. Perhatikan etika

Percaya atau tidak, orang yang memiliki kecerdasan akademik tapi tidak memiliki etika terpuji akan tetap bernilai nol. Jangan pernah melupakan etika ketika bergaul dengan teman, dosen, dan karyawan di kampus. Tidak jarang lho, dosen memberikan nilai jelek pada mahasiswanya–padahal mahasiswa itu mampu mendapatkan nilai baik–hanya karena tidak suka dengan etika si mahasiswa. Hati-hati ya, Inspirator!

10. Ingat perjuangan orangtua

Orangtua mengorbankan banyak hal supaya Inspirator bisa berkuliah. Mulai sekarang, renungkan perjuangan orangtua yang telah bekerja keras untuk kamu. Jangan sampai perjuangan mereka kamu balas dengan kemalasan. Jangan sampai mereka bersedih, dan buat mereka bahagia karena Inspirator telah belajar dengan baik.

Nah, mendapatkan IPK di atas tiga bukan hal yang sulit kok, Inspirator. Kalau kamu menerapkan 10 trik persembahan InspiratorFreak, IPK-mu pasti berangsur naik. Sudah siap menaikkan IPK-mu?

Belum baca trik satu sampai lima untuk mendapatkan IPK di atas tiga? Baca di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here