Mau Daftar Kerja? Simak Tips Berikut Agar CV Lolos Seleksi!

Agar CV lolos seleksi | Foto: http://www.businessofapps.com/

Apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa kamu tidak kunjung dipanggil wawancara setelah mendaftarkan diri di banyak perusahaan? Padahal kamu sudah merasa cover letter yang kamu buat menarik, pengalamanmu banyak, dan kamu memiliki keahlian yang cukup di bidang yang kamu minati dari perusahaan tersebut. Nyatanya, jika hal-hal tersebut sudah kamu lakukan tetapi CV yang kamu buat tidak menarik bagi HRD, CV-mu tidak akan dilirik. Oleh karena itu, simak artikel berikut yang akan mengupas tips agar CV lolos seleksi.

Gunakan body e-mail saat mengirim CV

Image result for email illustration
Foto: https://www.sketchappsources.com/

Kamu perlu mencantumkan body e-mail saat aplikasi pekerjaan agar HRD melihat keseriusanmu dalam mendaftar pekerjaan tersebut. Rangkailah kalimat menjadi menarik sekaligus sopan, tetapi kamu harus tetap menyampaikan tujuanmu secara jelas. Jika kamu telah mengetahui pihak penerima dari e-mail tersebut, itu akan menjadi suatu nilai tambah.

Perhatikan subjek e-mail, isi badan e-mail, dan nama file yang dilampirkan

Image result for email application illustration
Foto: https://www.dreamstime.com/

Gunakanlah nama e-mail yang professional, bukan dengan kombinasi kata yang aneh. Kamu juga perlu memperhatikan isi badan e-mail yang kamu buat sudah baik penulisannya atau belum, dan lampiran yang disertakan harus menggunakan judul yang jelas. Dengan begitu, kamu akan dilihat sebagai pribadi yang bersungguh-sungguh.

Jangan bertele-tele, keep it simple and straightforward!

Related image
Foto: http://www.semantik.com.mx/

Kamu nggak perlu mencantumkan semua informasi mengenai dirimu ke dalam CV. Cukup inti-intinya saja, seperti apa pengalamanmu yang terkait dengan pekerjaan yang kamu tuju dan data diri yang lengkap. Jangan lupa untuk urutkan pengalamanmu dari yang paling baru dan sebaiknya gunakanlah Bahasa Inggris ya, Inspirator.

Hindari warna yang terlalu mencolok

Image result for online cv illustration
Foto: https://www.dreamstime.com/

Sebelum mengirimkan CV-mu ke pihak lain, ada baiknya untuk mengkritisi CV sendiri. Bayangkan jika kamu menjadi HRD yang harus menyeleksi banyak CV dari orang yang beragam, apakah kamu akan menjadi orang yang diterima? Setelah itu, simpan CV-mu dalam bentuk PDF agar tidak bisa di edit oleh pihak lain.

Related image
Wawancara Kerja | Foto: https://37a.ca/

Pada intinya, CV-mu merupakan kunci awal memasuki suatu instansi. Oleh karena itu, terdapat banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengirimkannya saat melamar pekerjaan. Untuk Inspirator yang saat ini sedang mencari pekerjaan, InspiratorFreak doakan semoga kamu bisa segera dipanggil wawancara, berjabat tangan, dan menjadi pegawai tetap di perusahaan yang kamu inginkan. Tetap semangat!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here