Karyawan yang berulang tahun pada bulan September.

Halo Inspirators! Belakangan ini banyak terdengar istilah revolusi mental di kalangan masyarakat. Istilah revolusi mental semakin populer sejak kehadiran presiden Indonesia yang ke-7, bapak Joko Widodo. Istilah tersebut membawa tujuan yang sederhana, yaitu membentuk mental positif serta mandiri dalam masyarakat. Nah, gagasan tersebut ternyata melahirkan berbagai gerakan pelatihan serta pengembangan untuk menciptakan revolusi mental tersebut. Tapi, kamu pernah kebayang ga kalau revolusi mental ini diterapkan dalam keseharian kerja di pabrik? Emangnya bisa? Yuk kita simak bagaimana cara pabrik vulkanisir yang satu ini bisa sukses membawa revolusi dalam kesehariannya.

Melakukan Kegiatan yang Unik

Kegiatan unik PT. Supervulkanin Adijaya Kegiatan unik PT. Supervulkanin Adijaya

Pabrik vulkanisir di Bogor ini memiliki salah satu kegiatan yang unik. Umumnya karyawan pabrik diwajibkan untuk berkerja dari hari Senin hingga Sabtu. Namun, di PT. Supervulkanin Adijaya pekerjanya malah diwajibkan untuk meluangkan hari Sabtu sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas dari pekerja. Speaker, sound system, alat musik, hingga berbagai macam perlengkapan pendukung telah disiapkan untuk menunjang pameran kreativitas tersebut. Tapi bukan berarti karena kegiatan ini maka karyawan memiliki kesempatan untuk bolos, karena absensi tetap diberlakukan.

Memulai dengan Semangat Pagi

Yel-yel pagi yang dilakukan oleh karyawan. Yel-yel pagi yang dilakukan oleh karyawan.

Sebelum memulai aktivitas, karyawan berkumpul untuk membakar semangat bersama. Berbagai yel-yel dan mars penuh semangat dinyanyikan untuk memulai hari. Dimpimpin oleh satu komandan lapangan, seluruh karyawan yang akan bertugas diajak untuk memiliki semangat penuh sebelum memulai bekerja. Disinilah integritas dan etos kerja yang baik dibangun.

Karyawan Diberikan Kebebasan untuk Berekspresi

Penampilan ekspresi karyawan melalui musik Penampilan ekspresi karyawan melalui musik.

Dalam ajang pertunjukan seni, karyawan memiliki kebebasan untuk menampilkan bakat apapun yang mereka miliki. Dalam kunjungan tim Inspirator Freak, karyawan membentuk kelompok dan menampilkan berbagai penampilan seperti nyanyian lagu syukur, sitkom, hingga teater. Karena penampilan dilakukan dalam kelompok, revolusi mental tampak terbentuk melalui gotong royong dan kerja sama dalam tim.

Penanaman Nilai Kehidupan

Penanaman nilai kejujuran oleh bapak Subagyo. Penanaman nilai kejujuran oleh bapak Subagyo.

Tidak cukup hanya dengan memberikan wadah untuk berekspresi, PT. Supervulkanin Adijaya menyadari akan pentingnya penanaman nilai yang bermanfaat tidak hanya di tempat kerja, tapi juga utnuk kehidupan karyawan sehari-hari. Untuk itu, dalam rentang sebulan sekali PT. Supervulkanin mengundang narasumber yang membawakan berbagai topik seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, dan masih banyak lagi.

Perayaan Ulang Tahun

Karyawan yang berulang tahun pada bulan September. Karyawan yang berulang tahun pada bulan September.

Nah, hal ini merupakan hal sederhana yang seringkali terlupakan dalam sebuah sistem organisasi ataupun tempat kerja. Menyadari pentingnya untuk memberikan perhatian pada hari lahir karyawannya, PT. Vulkanin Adijaya memberikan sesi khusus seusai penampilan kreativitas untuk merayakan ulang tahun karyawannya. Karyawan yang berulang tahun bersebut juga dihadiahi dengan sebuah kue perayaan ulang tahun. Nah Inspirators, jadi sebenarnya mungkin saja kok untuk menciptakan linkungan kerja yang tertib, efisien, serta menyenangkan. Mentransformasi nilai menjadi hal yang berarti sekaligus menyenangkan bagi karyawan. PT. Supervulkanin Adijaya telah membuktikan hal tersebut. Kamu juga siap kan untuk menciptakan revolusi mental tersebut? Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Inspirator Freak

SHARE
Previous articleTiga Digital Entrepreneur Meriahkan Dagelan Goes To Campus Di Universitas Budi Luhur
Next articleNegara ASEAN Ini Resmikan Strategi Keamanan Cyber
Mahasiswa Interactive Media Design dari Universitas Multimedia Nusantara. Kesehariannya diisi dengan begadang dan ngurusin revisi serta kegiatan sosial di komunitas @socialdesignee

LEAVE A REPLY