Mau Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Idul Fitri? Perhatikan Saran Ini!

Mudik menjadi salah satu tradisi umat Muslim yang tidak pernah pudar dalam menyambut hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Bagi masyarakat Indonesia yang sangat menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, jika tidak mudik saat lebaran, hati akan terasa hampa.

Tips aman mudik
Statuluc

Bagi kamu yang sebentar lagi mudik dan dengan demikian meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam waktu cukup lama, coba perhatikan beberapa tips di bawah ini supaya rumah kamu aman selama kamu dan keluargamu pergi.

1. Nyalakan lampu

Sebelum kamu berangkat untuk mudik Idul Fitri, nyalakan lampu di beberapa bagian rumah. Bukan tanpa alasan logis jika kamu disarankan untuk membiarkan lampu menyala di beberapa bagian rumah. Hal ini penting supaya rumah kamu terkesan “berpenghuni”.

2. Kunci rapat pintu dan jendela

Periksa kembali pintu dan jendela rumah kamu sebelum kamu berangkat. Jangan sampai ada satu pintu atau jendela pun yang tidak terkunci. Bila perlu, perkuat keamanannya dengan gembok ganda.

3. Perhatikan tabung gas

Tabung gas sangat sensitif terhadap perubahan panas ekstrem, guncangan, atau gesekan. Oleh karena itu, sebelum kamu mudik lepaskan dulu regulator dari tabung gas.

4. Perhatikan pulsa listrik

Sebelum berangkat mudik alangkah lebih baik jika kamu mengisi full pulsa listrik. Dengan begini, selama kamu belum pulang pulsa listrik kamu tidak habis, yang membuat aliran listrik rumah kamu padam.

5. Cek CCTV

CCTV sangat penting, Inspirator, karena bisa merekam kejadian apa saja ketika kamu tidak di rumah. Periksa apakah CCTV kamu bekerja dengan baik atau tidak. Lakukan hal ini jauh hari sebelum kamu berangkat, supaya jika ada kerusakan pada CCTV kamu masih punya cukup waktu untuk memperbaikinya.

6. Amankan barang berharga kamu

Jika kamu menyimpan barang berharga seperti perhiasan atau yang lain, kamu harus mengamankannya di tempat yang benar-benar terjamin. Jika perlu, titipkan perhiasan kamu di pegadaian supaya lebih aman.

7. Titipkan rumah ke petugas keamanan

Menitipkan rumah pada petugas keamanan atau tetangga sangat penting. Mintalah pentugas keamanan lebih sering meronda di sekitar rumahmu selama kamu mudik. Sebelum berangkat, ada baiknya kamu melaporkan kepergianmu pada Ketua RT dan RW. Tinggalkan nomor ponselmu yang bisa dihubungi pada mereka. Jika terjadi sesuatu, mereka bisa segera menghubungi kamu.

Selamat mudik, Inspirator. Semoga kamu tiba di kampung halaman dengan selamat dan penuh sukacita berkumpul dengan keluarga. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here