Bingung Mau Masak Apa? Cobain Masakan Sehat Anak Kos Ini!

Omelette | http://www.lovethispic.com/

Pernah dengan masakan sehat anak kos? Coba bayangkan jika kamu anak kos yang setiap harinya harus membuat sendiri menu masakan sehat, enak, dan murah, tapi dengan bahan-bahan dan peralatan minimalis. Menurutmu, kamu mau masak apa? Kalau selama ini yang terpikirkan olehmu hanya mi instan, kamu bisa coba menyediakan sendiri menu masakan sehat untuk anak kos seperti di bawah ini. Dijamin ga bakal menguras banyak tenaga, waktu, maupun uangmu.

1. Omelet dan telur rebus

Image result for omelette healthline
Omelet dan telur rebus | Foto: https://www.healthline.com/

Omelet termasuk menu yang mudah disajikan dan sehat, bahkan lebih mudah daripada memasak mi instan. Dalam pembuatannya, kamu bisa menambahkan keju, cabe, bawang bombay, dan lainnya yang bisa membuat omeletmu semakin lezat. Selain itu, telur rebus juga bisa menjadi pilihan jika kamu kehabisan bumbu.

2. Kentang kukus

Image result for kentang rebus
Kentang kukus | Foto: http://doktersehat.com/

Jika kamu sedang bosan makan nasi, kamu juga bisa membuat kentang kukus lho, Inspirator. Meskipun tanpa bumbu, kentang kukus juga nikmat dan menurut saya, lebih mengenyangkan daripada memakan nasi.

3. Nasi goreng

Image result for nasi goreng pinterest
Foto: https://www.pinterest.com/vkgibb

Ingin variasi makanan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan murah? Nasi goreng bisa jadi salah satunya; apalagi kalau penataannya cantik, kamu bisa jadi lebih semangat menjalani hari.

4. Roti bakar

Image result for roti bakar
Roti bakar | Foto: https://luthfan.com/

Roti bakar juga bisa menjadi pilihanmu, Inspirator. Kamu dapat memilih meses, gula, atau buah-buahan sebagai bahan isian roti, yang kemudian  dibakar menggunakan setrika. Tetapi, sebelumnya, jangan lupa untuk membalut setrika dengan aluminium foil atau kertas supaya roti tidak lengket di besi.

5. Sup sayur

Related image
Sup sayur | Foto: http://cateringmalang.id/

Ketika udara dingin dan kamu ingin menghangatkan tubuh, sup menjadi pilihan tepat. Kamu bisa memasukkan wortel, jamur, dan sayuran lain yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasar atau di penjual sayur; cara membuatnya juga mudah dan cepat.

6. Pancake

Image result for pancake
Pancake | Foto: https://www.chefsteps.com/

Kalau kamu bosan dengan makanan dengan citarasa Indonesia, tidak ada salahnya membuat pancake. Kamu hanya membutuhkan terigu, telur, susu, dan sedikit gula. Topping-nya pun bisa divariasikan sesuai seleramu, Inspirator.

7. Sayur bayam bening dan sayur cah kangkung

Image result for bayam bening
Sayur bayam bening | Foto: https://kreasiresepmasak.blogspot.com/

Kedua sayuran ini terkenal mudah diolah. Bumbu yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Image result for cah kangkung
Cah kangkung | Foto: http://www.bahanresep.com/

8. Gandum

Image result for oat biscuit pinterest
Biskuit gandum | Foto: https://www.pinterest.com/

Jika kamu termasuk tipe yang suka memakan camilan sambil mengerjakan tugas seperti saya, penting untuk menyediakan makanan ringan di kos. Coba buat sendiri atau beli makanan yang berjumlah banyak dan mengenyangkan, seperti camilan dari bahan gandum. Gandum membuatmu lebih cepat kenyang sehingga kamu tidak perlu banyak memakan camilan dalam sekali duduk. Pengendalian diri itu penting, Inspirator. Dampaknya, kamu bisa lebih hemat dan tidak menumpuk lemak di dalam tubuh.

Kira-kira hari ini kamu akan mencoba membuat menu makanan sehat yang mana, Inspirator? Selamat mencoba!

baca juga : kreasi mie untuk anak kos

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here