Marlina The Murderer in Four Acts, Film Karya Anak Bangsa yang Melesat pada Cannes Film Festival

Satu lagi film Indonesia yang patut ditunggu selain film Ziarah, adalah Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Paska rilisnya trailer film itu, publik dibuat bergidik lantaran karakter yang diperankan oleh Marsha Timothy yang bernama Marlina memenggal kepala bos perampok dan membawanya di setiap langkah perjalanannya. Bayang-bayang hantu sang perampok kerapkali membayangi pikiran Marlina.

Film yang disutradarai oleh sineas perempuan bernama Mouly Surya ini mampu melesat menembus festival film Cannes dalam Quinzaine des réalisateurs (Directors Fortnight) yang berlangsung paralel dengan Cannes Film Festival 2017.

“Saya berharap bisa memberikan kesempatan kepada ‘Marlina’ untuk mendapatkan distribusi yang lebih luas dari film-film saya sebelumnya. Sungguh sebuah kehormatan besar bisa berada di Directors’ Fortnight yang telah banyak menemukan auteurs (penulis) dunia dan terkenal dengan karya yang lebih edgy. Sungguh sebuah panggung yangg cocok untuk ‘Marlina’,” ujarnya lewat keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari kumparan.com.

Quinzaine des réalisateurs (Directors Fortnight) dalam festival film Cannes merupakan sebuah kategori yang ditujukan untuk mendukung para pembuat film serta mendorong talenta baru ke hadapan khalayak umum dan kritikus film. Kategori Directors’ Fortnight melahirkan sutradara-sutradara besar, seperti Werner Herzog, George Lucas, Martin Scorsese, Jim Jarmush, Michael Haneke, Spike Lee, dan Sofia Coppola.

Film-film yang terseleksi dalam festival film Cannes akan ditayangkan di berbagai negara terhitung mulai tanggal 18-28 Mei 2017 di Marseilles, Genewa, Paris, Roma, Milan hingga Florence.

Film yang naskahnya ditulis oleh Garin Nugroho ini melibatkan rumah produksi dari berbagai negara, yakni Cinesurya, Kaninga Pictures (Indonesia), Sasha & Co Production (Prancis), Astro Shaw (Malaysia), HOOQ Originals (Singapura) dan Purin Pictures (Thailand).
Film ini juga terpilih sebagai penerima Next Masters Support Program dalam ajang Talents Tokyo 2015. ‘Marlina’ juga terseleksi untuk tayang di Asian Project Market di Busan International Film Festival 2015 dan Cinefondation L’Atelier Cannes Film Festival 2016. Film ini menerima dukungan pembiayaan dari Talents Tokyo Next Masters Support Programme dan subsidi Cinémas du Monde dari Kementerian Luar Negeri Prancis.

Namun untuk di Indonesia sendiri, film ini dikabarkan akan rilis pada pertengahan Oktober tahun ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here