Ilustrasi: www.bnn.go.id

Halo Inspirator! Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Sedunia (28/6), kali ini Inspirator Freak akan mengajak Inspirator untuk mengenal lebih dalam Badan Narkotika Nasional atau disingkat dengan BNN. Sesuai namanya, lembaga ini berhubungan erat dengan pencegahan terhadap penyebaran narkotika di Indonesia. Yuk Inspirator, kita kenalan lebih dekat dengan lembaga negara satu ini!

  • Jika dilihat dari sejarahnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) ini bisa dikatakan berawal dari sebuah lembaga yang dinamakan Badan Koordinasi Inteligen Nasional (BAKIN) yang didirikan pada tahun 1997 untuk menangani enam permasalahan nasional saat itu. Dan faktanya penyalahgunaan narkoba ternyata termasuk dalam enam permasalahan nasional tersebut lho Inspirator.
  • Sayangnya, perhatian pemerintah terhadap penyalahgunaan narkoba belum sebesar perhatian negara tetangga kita seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.  Pada tahun 1997 terjadilah ledakan kasus penyalahgunaan narkoba berbarengan dengan krisis mata uang atau mungkin kita kenal dengan krismon (krisis moneter).
  • Nah, pada tahun 1997, akhirnya pemerintah mengeluarkan UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika (tapi untuk UU yang kedua ini nantinya akan diubah menjadi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika). Tapi, baru pada tahun 1999, Indonesia mempunyai lembaga Badan Koordinasi Narkotika Nasional (BKNN) yang ternyata masih berada di bawah Kepolisian Republik Indonesia.
  • Tahun 2002, akhirnya BKNN diubah menjadi BNN. Salah satu tugas dan fungsi badan ini adalah berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lain dalam membuat dan mengawasi pelaksanaan kebijakan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.
  • BNN merupakan salah satu badan yang berbentuk lembaga non kementerian, sehingga lembaga ini bertanggungjawab langsung kepada presiden tetapi masih berkoordinasi dengan Kapolri (Kepala Polisi Republik Indonesia).

Ilustrasi: www.rri.co.id

  • Pelaksanaan fungsi dari BNN sebagai lembaga yang mencegah penyalahgunaan narkoba ternyata dilakukan dengan ikut memberdayakan masyarakat juga lho Inspirator. BNN juga bekerjasama dengan pihak–pihak yang mengadakan rehabilitasi medik/rehabilitasi sosial bagi para pecandu narkoba serta menjalin kerjasama dengan negara lain dalam menggurangi perdagangan narkoba internasional yang masuk ke Indonesia. Selain itu Inspirator, BNN juga ikut serta dalam pembuatan laboratorium untuk meneliti narkoba (seperti jenis baru dari narkoba, dampak dari narkoba, dan lain sebagainya).
  • Satu hal lain yang perlu Inspirator ketahui adalah ternyata, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya tersebut, di tahun 2007, pemerintah memutuskan untuk membentuk lembaga Badan Narkotika di tingkat Provinsi (Badan Narkotika Provinsi / BNP) dan di tingkat kota (Badan Narkotika Kota / BNK) sehingga pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan lebih efektif.

Nah itu tadi perkenalan singkat dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Yuk Inspirator, sama–sama kita membantu BNN serta komunitas/yayasan yang ikut berperang terhadap penyalahgunaan narkoba demi tercapainya Indonesia Bebas Narkoba dan untuk masa depan yang lebih baik. Generasi Sehat Tanpa Narkoba! Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Wilujeng Mugi Editor   : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY