Manfaat Olahraga Muay Thai Bagi Kesehatan Tubuh

Photo: Instagram @vida_muaythai

Adakah dari Inspirator yang sudah mencoba olahraga Muay Thai? Atau, baru ingin mencobanya? Sekilas, olahraga Muay Thai mirip olahraga tinju, yang berguna sebagai bekal untuk melindungi diri. Selain itu, ada manfaat lain Muay Thai bagi tubuh kalau kamu ingin mencoba olahraga bela diri ini. Yuk, simak apa saja manfaatnya.

1. Menguatkan otot lengan dan kaki

Photo: Instagram @vida_muaythai

Olahraga Muay Thai berfokus pada kekuatan lengan, siku, lutut, dan kaki. Kamu diharuskan menyerang dan mempertahankan diri dengan tangan dan kaki. Otomatis, otot lengan dan kakimu menjadi lebih kuat dengan latihan rutin.

2. Membuat jantung lebih sehat

Photo: instagram @vida_muaythai

Gerakan dalam olahraga Muay Thai menggabungkan jenis olahraga aerobik dan anaerobik, sehingga dapat meningkatkan kerja jantung supaya lebih maksimal. Olahraga ini tidak hanya diikuti anak muda saja, orang dewasa pun banyak yang mencoba.

3. Meningkatkan ketangkasan diri

Photo: instagram @fivepointsacademy

Dalam olahraga Muay Thai, kamu harus jeli melihat celah untuk bisa menyerang lawan dan juga menghindari serangan. Nah, dari situ kewaspadaan untuk mempertahankan diri akan meningkat. Kamu jadi lebih cekatan dan gesit.

4. Melatih untuk lebih berani

Photo: instagram @fivepointsacademy

Tujuan olahraga ini adalah untuk mempertahankan diri. Jadi, olahraga ini bisa menjadi bekal supaya kamu lebih berani ketika berhadapan dengan orang jahat yang ingin melukaimu.

5. Membuatmu lebih bahagia

Photo: instagram @vida_muaythai

Olahraga Muay Thai ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Saat berolahraga, tubuhmu akan memproduksi hormon serotonin–hormon pencegah depresi dan pengelola mood positif–sehingga tubuh lebih bersemangat dan rasa cemas akan hilang. Kamu pun merasa lebih bahagia.

Wah, ternyata banyak juga ya, manfaat olahraga Muay Thai. Sekarang sudah banyak sanggar yang menawarkan kelas Muay Thai. Kamu bisa mencarinya di dekat lingkungan rumahmu. Kalau olahraganya beramai-ramai dan ada pelatih, tentunya kamu lebih semangat, kan?

Selain itu, kalau serius menekuni olahraga Muay Thai, kamu juga bisa mengikuti berbagai pertandingan kejuaraan juga, lho! Selain lebih sehat dan bahagia, kamu bisa menuai prestasi di bidang ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here