Manfaat Kulit Jeruk yang Jarang Diketahui–Bisa Mencegah Kanker, Lho

Photo: google

Kulit jeruk memang terasa pahit saat digigit. Namun, saat makan jeruk, jangan langsung membuang kulitnya ya, Inspirator. Ternyata ada kandungan nutrisi ajaib di dalam kulit jeruk dan bisa kamu olah untuk berbagai manfaat. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan gizi

Photo: google

Bagian kulit jeruk yang bisa dikonsumsi adalah bagian kulit luar tanpa empulur–membran putih yang mengelilingi buah. Membran berbentuk serabut putih yang menempal pada kulit jeruk ternyata juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, serat, limonene, pektin, dan glutarate.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram kulit jeruk mengandung 97 kalori, 8,2 mg vitamin C, 15 gram protein, 25 gram karbohidrat, dan 10,6 gram serat. Biasanya, kulit jeruk dari satu buah jeruk hanya sekitar 6 gram saja. Artinya, kamu hanya ada 6 kalori, 0,09 gram protein, 1,5 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat yang bisa kamu dapatkan.

Selain itu, kuliet jeruk juga bisa mencegah kanker karena terdapat flavonoid–zat yang berperan penting untuk mencegah kanker. Zat ini merupakan salah satu antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tbuh dari radikal bebas penyebab kanker. Flavonoid juga terdapat dalam daging buah jeruk, tapi kandungan paling tinggi ada di kulitnya. Selain dapat mencegah kanker kulit, kulit jeruk juga ampuh menangkal kanker payudara dan kanker usus besar.

Photo: google

Tapi, kamu tidak bisa memakannya secara langsung. Kulit jeruk harus diolah dulu supaya aman dikonsumsi.

Olahan kulit jeruk

1. Manisan

Kulit jeruk bisa dijadikan manisan dengan cara dimasak dengan air gula lalu dikeringkan. Setelah itu, manisan kulit jeruk bisa kamu nikmati.

2. Perasa teh

Alternatif lain, kamu bisa tambahkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dengan suhu 93 derajat celcius ke dalam air teh supaya semakin segar.

3. Pewangi hidangan

Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa hidangan daging. Tambahkan kulit jeruk pada daging saat sedang direbus bersama bumbu lain. Maka, hidangan akan terasa lebih wangi dan lezat.

Itulah 3 olahan kulit jeruk yang bisa langsung kamu praktekkan di rumah. Daripada di buang, sebaiknya dimanfaatkan dulu supaya kamu bisa mendapatkan khasiatnya.

(Sumber: thehealthsite.com)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here