Mana yang Baik Untuk Tubuh, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Photo: sheknows.com

Inspirator suka minum susu? Kamu sudah tahu belum, dalam segelas susu terkandung zat-zat seperti kalsium, kalium, fosfor, dan berbagai vitamin lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, saat kecil pun kamu sudah diberi minum susu, kan? Itu karena susu minuman bergizi yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh.

Nah, saat mengonsumsi susu, setiap orang punya pilihan suhu minum yang berbeda-beda. Ada yang suka minum susu hangat, ada juga yang suka dengan tambahan es batu atau didinginkan di kulkas dulu.

Tetapi, pernahkah tiba-tiba terlintas di pikiranmu, dari keduanya mana yang lebih baik untuk tubuh? Ada yang bilang, gizi dalam susu hangat lebih sedikit karena sudah menguap karena terkena air panas. Tetapi, bukankah minum susu dingin juga tidak baik untuk kesehatan tenggorokan? Lantas, yang benar seperti apa, ya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Punya manfaat berbeda

Entah Inspirator suka mengonsumsi susu dalam keadaan hangat ataupun dingin, sebenarnya tidak masalah, kok. Susu hangat maupun dingin sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Tidak ada zat gizi yang berkurang. Justru, keduanya memberikan manfaat berbeda untuk tubuh.

Susu hangat

Mengonsumsi susu dalam keadaan hangat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, Inspirator. Kalau sedang mengalami diare atau perut kembung, kamu bisa minum susu hangat untuk meredakannya. Atau, kamu punya kesulitan untuk tidur nyenyak? Nah, kamu sebaiknya minum yang hangat karena susu hangat mengandung banyak asam amino yang bertugas memproduksi serotin dan melatonin–zat yang membantu untuk tidur dengan cepat dan nyenyak. Maka dari itu, susu hangat lebih baik untuk diminum malam hari menjelang tidur.

Susu dingin

Inspirator sedang merasa gugup atau cemas? Yuk, atasi dengan mengonsumsi susu dingin karena susu dingin dapat membantu menenangkan pikiran. Minum segelas susu dingin pagi hari juga bisa membuatmu terhindar dari dehidrasi, lho. Cocok untuk diminum sebelum berangkat beraktivitas, nih! Hindari mengonsumsi susu dingin sebelum tidur malam ya, karena itu hanya akan membuat sistem pencernaan terganggu.

Jadi, susu hangat atau dingin keduanya punya manfaat berbeda. Sesuaikan saja dengan waktu dan kondisi tubuhmu saat ingin mengonsumsi susu. Nah, kalau kamu lebih suka susu hangat atau dingin nih, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here