Makanan Khas yang Paling Sering Disajikan Saat Lebaran

Tidak terasa sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Lebaran identik dengan makanan khas. Beragam menu disuguhkan di meja makan sampai bingung ingin makan yang mana dulu.

Makanan apa saja yang biasanya jadi menu wajib saat lebaran? Makanan khas lebaran berikut ini pasti tidak asing lagi bagi kamu.

Daripada penasaran, yuk, langsung saja kita bahas makanan khas apa yang sering disuguhkan saat lebaran.

1. Ketupat

Ketupat
Sumber: iStock

Mendengar kata lebaran pasti kamu langsung membayangkan nikmatnya ketupat. Rasa legit bercampur gurih membuat makanan khas ini paling dirindukan saat lebaran. Lebaran tanpa ketupat rasanya “kurang lebaran”.

2. Opor ayam

Opir ayam
Sumber: Cookpad

Kalau ada ketupat, menu pendampingnya pasti tersedia. Jika kamu bersilaturahmi dengan keluarga atau tetangga pasti kamu juga disuguhi menu opor ayam ini.

3. Sambal kentang goreng

Sambal kentang goreng
Sumber: Resepmakanan.com

Saat lebaran, sambal kentang goreng wajib ada di meja makan. Perpaduan kentang, cabe, dan hati empela pasti bikin mulut kamu ingin mengunyah terus.

4. Semur daging sapi

Semur daging sapi
Sumber: Bango

Selain opor ayam, makanan khas lain yang sering disuguhkan saat lebaran adalah semur daging ayam yang lezatnya bisa bikin lupa diet. Perpaduan rasa gurih dan pedasnya membuat kamu tidak ingin berhenti makan.

5. Rendang

Rendang
Sumber: Bukalapak

Wah, Inspirator, makanan khas Sumatra Barat ini memang tidak ada tandingannya. Kelezatan khasnya membuat kamu jatuh cinta di setiap gigitannya. Pastikan makanan ini ada di menu lebaran kamu ya, Inspirator.

6. Sayur santan

Sayur khas lebaran
Sumber: Resepmakanan.com

Menu pendamping untuk makan ketupat ini memang gurih banget, Inspirator. Kuah santan yang kental, pedas, gurih menciptakan perpaduan rasa yang sempurna.

Itu dia enam menu khas yang sering disuguhkan saat lebaran. Tetap ingat untuk membatasi jumlah makanan yang kamu makan ya, Inspirator.

Selain menu khas, lebaran juga identik dengan kehadiran beberapa jenis kue kering. Apa saja? Cari tahu di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here