Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa. Ada Menu Kesukaanmu?

Photo: bobo.grid.id

Saat berbuka puasa, biasanya kamu langsung memburu makanan apa pun yang tersaji di meja. Benar begitu, Inspirator? Mungkin kamu berpikir, yang terpenting ada makanan masuk ke tubuh untuk menggantikan energi yang hilang. Namun, tidak semua makanan itu baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Ada lho, makanan yang harus dihindari. Apa saja?

1. Makanan berlemak tinggi

Photo: selerasa.com

Makanan berlemak tinggi biasanya mengandung lemak jahat yang bisa memicu kolesterol dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Makanan berlemak tinggi antara lain ada pada iga sapi, kornet, steak, dan makanan olahan lainnya.

Tahu tidak, selain menjadi pemicu penyakit berbahaya, riset membuktikan makanan olahan bisa mennurunkan skor IQ seseorang.

2. Gorengan

Photo: visitbandung.info

Pasti gorengan jarang absen dari meja makanmu ya, Inspirator? Kalau kamu terbiasa mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa, sebaiknya hindari, ya. Ternyata, makanan ini mengandung minyak yang bisa menyumbat aliran darah, lho. Lebih baik, langsung berbuka dengan kurma atau buah-buahan potong. Ada beberapa buah yang disarankan untuk kamu siapkan selama berpuasa supaya tubuhmu fit lagi.

3. Produk olahan susu

Photo: indonetwork.co.id

Produk olahan susu biasanya memiliki kandungan lemak di atas satu persen. Sebaiknya hindari mengonsumsi produk susu seperti keju, es krim, dan sebagainya, sebagai menu berbuka.

4. Makanan cepat saji

Photo: travel.tribunnews.com

Yang satu ini memang jadi idola banyak orang yang ingin berbuka dengan makanan praktis, enak, dan mengenyangkan. Namun, makanan cepat saji tidak disarankan dikonsumsi untuk berbuka puasa, lho. Sama seperti makanan sebelumnya, makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Dari berbagai makanan yang disebutkan di atas, adakah makanan yang menjadi favoritmu untuk berbuka puasa? Mulai sekarang, kurangi konsumsinya ya, karena tidak baik untuk kesehatan. Nah, kalau tubuhmu sehat, puasamu pun pasti berjalan lancar.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here