Makan Sahur yang Banyak Bikin Lebih Kuat Berpuasa–Mitos atau Fakta?

Sumber : www.pritikin.com

Sahur sangat penting untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa, karena sumber energimu seharian nantinya berasal dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Tetapi, apakah benar makan sahur yang banyak menjamin kamu kuat berpuasa seharian? Yuk, simak makanan apa saja yang sebaiknya diutamakan alih-alih makan apa saja dalam jumlah banyak:

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

www.getdoc.co/www.getdoc.co

Kamu wajib mengonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat ya, Inspirator. Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuhmu. Tidak perlu sebanyak-banyaknya, karena kamu butuh energi dari sumber lain.

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Sumber : thefitpharmacist.com.au

Protein bisa menjadi cadangan energi saat kamu berpuasa. Kamu bisa memperbanyak jumlah protein supaya energi kamu bertambah, karena kekurangan protein membuat tubuh terasa lemas dan kamu jadi tidak maksimal dalam menjalankan ibadah puasa.

Mengonsumsi buah dan sayur

Sumber : http://www.sheknows.com

Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur saat sahur. Makanan kaya serat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sayur dan buah-buahan juga mengandung banyak air yang dapat menjaga sel tubuh supaya tidak kekurangan cairan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Sumber : www.brookdale.com

Kamu bisa memperoleh lemak sehat dari susu, kacang-kacangan, atau minyak ikan. Lemak sehat diperlukan untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur supaya lebih optimal.

Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral

Sumber : www.shape.com.sg

Selain air putih, kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan minum jus buah segar. Bisa juga dengan minum minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni untuk menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa.

Jadi, porsi makanan yang banyak tidak menjamin kamu tahan berpuasa seharian ya, Inspirator. Makan terlalu banyak saat sahur justru bisa menurunkan tingkat produktivitasmu pada siang hari. Kamu harus memperhatikan komposisi makanan yang kamu konsumsi supaya kamu tahan menjalani puasa hingga tiba waktu berbuka.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here