Mahasiswa Makassar Ikuti Youth Model ASEAN Conference di Singapura

Dua mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Makassar, terpilih untuk mengikuti acara Youth Model ASEAN Conference (YMAC) di kampus Singapore Polytechnic (SP), Singapura pada 2-7 Oktober 2016.

Mengutip dari Makassar.tribunnews.com, Wakil Direktur IV PNUP, Tri Hartono LRSC M Chem Eng mengatakan, dua mahasiswa PNUP itu adalah Khaerun Nisa dari jurusan Teknik Kimia dan Fatwa Dinul Lukman dari jurusan akuntansi. Keduanya berhasil terpilih melalui beberapa tahapan seleksi ketat dengan berbagai persyaratan, seperti wawasan tentang ASEAN maupun kemampuan berbahasa Inggis.

“Kami tentu ikut berbangga dan bergembira atas keberhasilan dua mahasiswa PNUP ikut berpartisipasi di acara YMAC 2016,” ungkapnya saat melepas keduanya saat berangkat ke Singapura.

Menurutnya, keikut sertaan PNUP dalam ajang YMAC 2016 ini tidak lepas dari kerja sama yang telah terjalin antara PNUP dengan SP sejak beberapa tahun yang lalu. Salah satu diantaranya adalah sharing framework kurikulum di antara kedua perguruan tinggi itu. YMAC yang diselenggarakan sejak tahun 2012 adalah acara simulasi tentang sebuah konferensi ASEAN yang menyatukan mahasiswa dari semua negara anggota ASEAN.

Mahasiswa dari 10 negara anggota ASEAN akan bertukar pandangan serta mempresentasikan ide mereka ke panel ahli pada akhir konferensi. Setiap delegasi berperan sebagai diplomat dengan melakukan penelitian dan perdebatan tentang masalah global dan regional saat ini yang dihadapi oleh setiap negara. Sidang-sidang dalam konferensi ini disimulasikan serta dirancang semirip mungkin dengan sidang ASEAN sesungguhnya.

Pada tahun ini, YMAC mengusung tema Bridging Hearts, Building Ties yang sejalan dengan usaha untuk menjembatani generasi muda ASEAN guna mencari solusi bersama dalam bingkai kerja sama. Dari ajang YMAC diharapkan setiap mahasiswa dapat menjalin pertemanan maupun jaringan di dalam lingkup ASEAN.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY