Foto: Mymodernmet.com

Awal tahun ini, berita utama melanda dunia konservasi karena beberapa spesies lebah terancam punah di Amerika. Berita tersebut menjadi  pengingat serius untuk pemulihan populasi lebah yang menurun dengan cepat.  Sebagaimana kita tahu, lebah memainkan peran penting untuk menyerbuki tanaman. Di Amerika Utara saja, peran lebah madu memungkinkan produksi setidaknya 90 tanaman komersial, termasuk apel, blueberry, melon, dan brokoli.

Berbagai upaya konservasi terus dilakukan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh mahasiswa desain industri The Savannah College of Art and Design, Anna Haldewang. Untuk membantu mengatasi masalah penyerbukan, Haldewang membuat inovasi yang diberi nama Plan Bee. Plan Bee adalah pesawat tak berawak yang dikendalikan oleh perangkat cerdas yang secara artifisial menyebarkan bunga seperti halnya lebah.

Plan Bee terbuat dari bahan plastik ringan di bagian luar dengan busa di bagian dalam dan baling-baling di atas. Tubuh lebah buatan ini terbagi menjadi enam bagian dengan lubang-lubang kecil di bawah serbuk sari yang mengisap pada saat melayang di atas bunga. Kemudian, lebah akan meniup serbuk sari itu saat terbang di atas tanaman lainnya.

Setelah 50 variasi desain, Haldewang menyempurnakan prototypenya. Plan Bee memiliki warna hitam dan kuning klasik dari seekor lebah, juga menyerupai bentuk bunga saat membalik terbalik. Meski jauh lebih besar dari lebah, ukuran ini bisa berfungsi sebagai alat edukasi.

Foto: Mymodernmet.com

“Saya ingin melihat orang menggunakannya di halaman belakang mereka dan bahkan membuat kebun dengannya,” katanya sebagaimana dilansir dari Mymodernmet.com. “Dengan lebah yang sebenarnya, sangat kecil kamu menyadari dan bagaimana cara menyerbuki bunga. Dengan pesawat tak berawak ini, kamu bisa melihat bagaimana proses kerjanya.”

Sekolah Haldewang, The Savannah College of Art and Design, terpesona dengan konsep tersebut. Dean Victor Ermoli mengatakan, “Ini luar biasa. Desainnya cukup jelas dan menawarkan solusi yang sangat cerdas. Ini bisa digunakan dalam pertanian skala besar, bahkan dalam pertanian hidroponik. ”

Plan Bee berada pada tahap awal dan Haldewang masih menyempurnakan prototype tersebut. Namun, dia sudah mengajukan permohonan paten dan berharap bisa mengembangkannya sebagai produk yang layak dalam dua tahun.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY