Sumber: Dok Binus University

Mungkin kita cukup sering melihat robot-robot yang bisa berbicara dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Tapi bagaimana jika robot bisa berbicara bahasa Indonesia? Keren bukan?!. Itulah yang menjadi penemuan dari Reinhard Lazuardi Kuwandy (22), Oey Kevin Wijaya (22) dan Christian Tarunaja (22). Ketiganya merupakan mahasiswa Universitas Bina Nusantara dari School of Computer Science. Mereka menamakan robot tersebut dengan ‘Intelligent Humanoid Robot’. Penemuan robot ini bermula ketika ketiga mahasiswa itu diwajibkan untuk menyusun tugas akhir kuliah pada September 2015 silam. Ketiga mahasiswa tersebut didampingi oleh Dr. Widodo Budiharto selaku dosen pembimbing dalam merancang robot yang dapat mengenali wajah dan ucapan manusia dalam bahasa Indonesia.

 

Robot itu bisa merespon perkataan dalam bahasa Indonesia “Selain bisa mengenali ucapan manusia dalam bahasa Indonesia, robot ini juga bisa meresponnya dalam bahasa Indonesia,” kata Widodo, sebagaimana dikutip Kompas.com, (5/3). Menurut Reinhard, penemuan robot itu diharapkan dapat mempermudah banyak pekerjaan manusia seperti di bidang pendidikan dan hiburan. Robot ini terdiri dari dua jenis sistem yaitu robot system dan raspberry pi system. Robot system berguna untuk pergerakkan motor, sedangkan raspberry pi system sebagai sistem kontrol robot. Cara kerja robot ini pertama kali diawali dengan mendeteksi wajah pengguna. Kemudian akan terjadi proses “training” pengenalan wajah.

Sumber: Dok. Binus University

Selanjutnya, raspberry pi system ini akan mengirimkan sinyal ke controller robot untuk menggerakkan motor robot. Robot akan membaca sinyal yang masuk lalu memberikan feedback respon kepada pengguna dengan mengucapkan salam. Kemudian ia mampu melakukan interaksi dengan manusia seperti bercerita, memberikan salam dan memainkan musik. Selain itu juga bisa menjadi teman guru di sekolah dalam memberikan edukasi kepada para murid. Reinhard mengatakan bahwa manusia mempunyai batasan tenaga dalam  mengerjakan suatu hal dan robot ini dirancang untuk membantu pekerjaan manusia yang tidak dapat dilakukan manusia. Pemerintah juga turut andil dalam penemuan robot ini melalui hibah Ristek Insentif Sistem Inovasi Nasional dari Pemerintah Republik Indonesia. “Karena kemampuannya yang dapat menyimpan banyak data atau informasi dan mampu menjelaskan kembali data dan informasi tersebut kepada user yang meminta,” kata Reinhard. Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis  : Dylan Aprialdo Rachman Editor    : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleSekelumit Perjalanan Hidup Seorang Perantau Minang di Negeri Seberang
Next articleTiga Makanan Kamboja yang Wajib Kamu Coba

LEAVE A REPLY