Lomba Memikat Cacing dan 7 Perlombaan Unik Lainnya Di Dunia

© seriousstrange/twitter

Dari banyak jenis perlombaan di dunia, yang diadakan baik beberapa kali dalam setahun ataupun sekali dalam beberapa tahun, ternyata ada beberapa perlombaan unik yang hanya dilombakan di negara tertentu saja karena merupakan tradisi yang dipertahankan kelestariannya. Jika lomba menggendong istri dan lomba menghitung biri-biri sudah agak familier untukmu, bagaimana dengan lomba memikat cacing? Atau gulat kelingking kaki?

Kalau penasaran, langsung saja baca perlombaan-perlombaan unik di dunia yang dihimpun InspiratorFreak.

1. Lomba mengejar keju menggelinding

© Darren Staples/reuters.com

Setiap tahun, sebongkah keju bundar seberat kurang lebih 4 kg digelindingkan dari puncak Cooper’s Hill, dekat Gloucester di Inggris, lalu peserta lomba mulai mengejarnya. Tetapi, kecepatan keju itu menggelinding bisa mencapai 70 meter per jam, sehingga peluang untuk mendapatkannya cukup rendah. Maka, orang pertama yang berhasil melewati garis finis menjadi pemenang keju itu. Jika kamu memutuskan ambil bagian dalam perlombaan unik ini, kamu harus ekstra hati-hati karena permukaan Cooper’s Hill yang tidak rata bisa menyebabkan cedera serius.

2. Lomba memikat cacing

© Graham Shaw/commons.wikimedia.org

Memikat cacing adalah perlombaan di mana setiap peserta diberikan sepetak tanah berukuran tiga meter persegi, lalu mereka mencoba memikat sebanyak mungkin cacing untuk keluar dari petak tanah itu dalam waktu 30 menit. Rekor dunia untuk perlombaan unik memikat cacing dipegang Sophie Smith, usia 10 tahun, yang berhasil memikat 567 cacing untuk muncul ke permukaan pada Perlombaan Dunia Memikat Cacing tahun 2009.

3. Lomba bermain soccer di dalam gelembung

© TheUpvoteEskimo/imgur

Bermain soccer di dalam gelembung membawa keseruan tidak hanya bagi pemainnya, melainkan juga bagi penontonnya. Pemain dibungkus gelembung yang bisa ditiup mulai dari kepala hingga tubuh atas mereka. Permainan ini pertama kali diciptakan di Norwegia tahun 2011. Pertandingan diikuti dua tim, masing-masing tim terdiri dari tidak lebih dari lima pemain. Menurut aturan permainan, setiap tim harus menempatkan setidaknya satu wanita di lapangan sepanjang waktu selama permainan berlangsung.

4. Lomba menggendong istri

© eukonkanto.fi

Olahraga lomba menggendong istri lahir dari kota kecil bernama Sonkajarvi di Finlandia. Peserta laki-laki berlari sambil menggendong istri masing-masing di punggung selama melewati tempat lomba yang menyuguhkan rintangan. Sejarah lomba menggendong istri diadakan berdasarkan legenda abad ke-19, Ronkainen the Robber. Menurut salah satu versi legenda itu, Ronkainen the Robber dan anggota kawanannya dulu mencuri makanan dan wanita dari desa-desa tetangga dengan memanggul wanita-wanita itu di bahu mereka ketika melarikan diri. Perlombaan Dunia Menggendong Istri diadakan setiap tahun di Finlandia dan pemenangnya menerima bir setara berat istrinya. Unik sekali, bukan?

5. Snorkeling di lumpur

© Rud-gr /commons.wikimedia.org

Snorkeling di lumpur mungkin salah satu olahraga paling aneh di Bumi. Pada Agustus setiap tahun, ratusan perenang dari seluruh dunia berkumpul di kota kecil bernama Llanwrtyd Wells, Wales, untuk mengikuti Perlombaan Dunia Snorkeling Di Lumpur. Peserta lomba disyaratkan memakai alat snorkeling, kaki katak, dan menempuh dua putaran parit sepanjang 60 meter tanpa melakukan gerakan renang tradisional.

6. Menyetrika dengan cara ekstrem

© seriousstrange/twitter

Menurut Biro Menyetrika Dengan Cara Ekstrem, ini “olahraga berbahaya terkini yang menggabungkan gairah mendebarkan aktivitas luar ruangan ekstrem dengan kepuasan mendapatkan kemeja yang disetrika rapi”. Peserta lomba ini menyebut diri mereka “tukang setrika” dan pergi ke tempat-tempat berbahaya atau terpencil sambil membawa papan setrika. Aktivitas ini mungkin saja termasuk menyetrika di bawah air, di puncak gunung, di kendaraan yang bergerak, di dalam kano, di tengah jalan yang ramai, sambil bermain ski, melakukan skydiving, atau snowboarding. Agak sulit membayangkannya.

7. Gulat kelingking kaki

@Emna Wood

Olahraga tidak biasa ini melibatkan dua peserta yang mencoba menaklukkan kaki satu sama lain ke tanah selama sedikitnya tiga detik. Pertandingan terdiri dari tiga babak, yang pertama dimainkan dengan kaki kanan, setelah itu kaki kiri. Olahraga aneh ini dimulai tahun 1976 ketika sekelompok orang yang tinggal di Staffordshire mencoba memikirkan olahraga yang hanya bisa dimenangkan warga Inggris.

8. Lomba menghitung biri-biri

© unknown/i.imgur.com

Lomba menghitung biri-biri menjadi populer di Australia pada tahun-tahun terakhir ini. Bertolak belakang dengan latihan mental menghitung biri-biri supaya seseorang bisa segera tidur, lomba ini menuntut banyak perhatian dan penglihatan tajam. Kira-kira 400 biri-biri dilepaskan dari kandang dan dihalau supaya lari melewati sepuluh peserta yang harus berusaha menghitung hewan-hewan itu dengan seakurat mungkin. Orang yang menyebutkan jumlah yang tepat menjadi pemenang lomba ini.

Dari delapan perlombaan unik di dunia ini, saya tertarik ingin ikut lomba memikat cacing. Bagaimana denganmu, Inspirator? Atau mungkin artikel ini membuatmu terinspirasi menciptakan perlombaan unik lain?

(Diterjemahkan dari: Bored Panda)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here