Lomba Ilustrasi
Lomba Ilustrasi MangaMon

Ebook Initiative Japan Co, Ltd (Kantor Pusat: Tokyo, Jepang; President & CEO: Hitoshi Koide), yang mengoperasikan toko buku digital Indonesia, “Manga-Mon”. Manga-Mon bangga memperkenalkan komik original berlisensi Jepang dalam bentuk digital (yaitu “ebook”) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan kerja sama dari penerbit grup Kompas Gramedia: Elex Media Komputindo dan m&c!.

Fitur-fitur yang tersedia di Manga-Mon dapat membantu para user dalam menentukan komik digital yang ingin dimiliki seperti fitur review dari kurator pilihan dan review user lain yang pernah membaca komik tersebut. Lalu juga ada fitur Reward Point, poin yang akan didapatkan User ketika mengikuti berbagai aktivitas yang ada di situs Manga-Mon. Bahkan tanpa membeli komik pun. Contoh aktivitasnya seperti melakukan review dan share komik-komik di Manga-Mon. Ketika Reward Point terkumpul sampai jumlah tertentu, User dapat menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah menarik yang di sediakan oleh Manga-Mon!

Selain portal komik, Manga-Mon rutin mengadakan lomba yang dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya pendaftaran, seperti Lomba Komik, Lomba Desain Karakter, & Lomba Foto Cosplay dengan tujuan memberikan kesempatan dan wadah kepada para kreator pemuda-pemudi di Indonesia untuk berlomba-lomba menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Lomba Desain Karakter Manga-Mon sudah enam kali diadakan, Berkat animo yang tinggi, dengan jumlah peserta dari lomba-lomba sebelumnya mencapai lebih dari 300 karya. Manga-Mon kembali membuka lomba desain karakter untuk yang ketujuh kalinya. Lomba Desain Karakter Manga-Mon tidak dipungut biaya, dan bersifat online sehingga peserta hanya cukup meng-upload dan mengirim karyanya melalui email. Total hadiah yang diperebutkan sebesar 7 juta rupiah dan pajak ditanggung pemenang.

Tema Lomba Desain Karakter Manga-Mon ke-7 adalah Gijinka Hewan. Gijinka merupakan istilah Jepang yang secara kasar diterjemahkan menjadi “memanusiakan” Ini juga dikenal sebagai antropomorfisme, yaitu ketika orang mengambil makhluk non-manusia, benda, dan berbagai hal lain dan membayangkan mereka seolah sebagai manusia. Tema ini dipilih karena ingin menaikkan level tantangan lomba kepada para illustrator Indonesia agar lebih kreatif menciptakan sebuah karakter. Pada tema ini, kami akan menentukan jenis hewan yang tidak boleh digunakan yaitu ras kucing dan ikan apapun.

Thahara Teja
Thahara Teja
Kippou
Kippou

Juri yang akan menilai lomba desain karakter kali ini adalah Thahara Teja dan Kippou. Keduanya adalah illustrator yang karyanya cukup terkenal di Indonesia. Thahara Teja bekerja sebagai Conceptor art di Rasendriya Imaji Indonesia Studio dan sekarang sedang membuat desain karakter untuk game dan charater untuk film animasi di studio-studio dalam maupun luar negeri. sedangkan Kippou sekarang ini sedang aktif mengerjakan illustrasi untuk berbagai mobile game Jepang.

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@inspiratorfreak

LEAVE A REPLY