Upaya Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperluas pasar UKM terus dilakukan. Salah satunya melalui kurasi produk UKM untuk ritel modern Giant.

Diselenggarakan di gedung Smesco, Jakarta, (14/02), sebanyak 150 KUKM mengikuti kurasi. Kurasi dihadiri oleh Kepala Divisi Bisnis LLP-KUKM, Atajudin Nur, dan dua tim ritel Giant, M.Afrizal dan Ria Feelycia.

Produk KUKM yang dikurasi merupakan produk berkategori makanan dan minuman. Baik yang siap saji maupun frozen. Produk KUKM yang lolos kurasi nantinya akan bermitra dengan ritel Giant dan akan mengisi foodcourt di Giant area Jabodetabek.

Karena itu, Atajudin Nur mengatakan, produk KUKM harus memiliki keunikan serta memiliki komitmen untuk memenuhi kerjasama. Selain itu, Produk UKM yang terpilih dalam kurasi, minimal sudah memiliki PIRT atau MD. Hal itu sebagai jaminan bahwa produk UKM itu aman untuk di konsumsi.

“Parameter kurasi adalah keunikan produk dan UKM komit untuk memenuhi kerja sama. Kami mencari UKM yang memiliki komitmen kuat untuk berbisnis serta UKM yang siap dari sisi permodalan,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, dengan mengajak UKM masuk ke retail modern, akses pasarnya semakin luas. Tak hanya di display di Smesco tetapi juga disebar kemana-mana.

“Produk mereka bisa ditemukan di berbagai tempat. Yang terpenting adalah  produk UKM lebih dikenal dan menjadi juara di pasar dalam negeri sehingga mereka memiliki daya saing jika dipasarkan ke luar negeri.”

Sementara itu, Senior Leasing Manager Hero Group, Ria Feelycia, mengungkapkan, “Kami ingin di  foodcourt ada makanan yang berbeda. Tiap daerah memiliki makanan yang khas sehingga bisa mengundang customer datang ke Giant dan UKM bisa jualan. Oeh karena itu UKM harus memahami selera customer di masing-masing area Giant,” jelasnya.

Kedepannya, LLP-KUKM dan ritel Giant akan memperluas jangkauan produk KUKM. Tak hanya di area Jabodetabek tetapi di seluruh Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY