Laut Mati di Indonesia? Ada! Pantai Tureloto Namanya

Photo: Sportourism.id

Kalau mendengar kata “laut mati”, mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah danau yang letaknya di perbatasan antara Israel dan Yordania. Memang, Laut Mati di Yordania sangat unik dan terkenal karena memiliki kadar garam tinggi, sehingga pengunjung bisa mengapung di atasnya. Bahkan, tingginya kadar garam di laut itu membuat flora dan fauna sama sekali tidak bisa hidup di danau ini. Jadi, sesuai dengan namanya, benar-benar tidak ada kehidupan di Laut Mati.

Ternyata Indonesia juga punya “Laut Mati”

Photo: ferdicullen.com

Kalau kamu penasaran ingin merasakan sensasi mengapung di Laut Mati, sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Yordania! Siapa sangka, di Kabupaten Nias Utara, tepatnya Desa Balefadorotuho, Sumatera Utara, ada kawasan yang karakteristiknya mirip Laut Mati, lho! Pantai Tureloto namanya. Sama seperti laut di Yordania, pantai ini juga punya kadar garam lumayan tinggi. Bedanya, masih ada ikan-ikan dan terumbu karang yang hidup karena kadar garamnya tidak setinggi dibanding Laut Mati di Yordania.

Pantai Tureloto dijadikan destinasi wisata

Photo: otonomi.co.id

Karakteristiknya yang unik dan bikin penasaran ini akhirnya membuat Pantai Tureloto dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat. Tidak hanya mengapung di atas air, kamu juga bisa mencoba untuk snorkeling di sini. Selain bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah, pantai ini punya ombak tenang dan air jernih. Dijamin nggak kalah menarik daripada Laut Mati di Yordania.

Ingin berkeliling menyambut semilir angin Pantai Tureloto? Bisa naik perahu yang disediakan warga setempat! Kamu bisa diantar berkeliling pantai yang pemandangannya menawan. Duh, harus masuk list wisata yang wajib dikunjungi, nih!

Photo: instagram @uswah_darmawan

Hanya dua jam dari Bandara Binaka, Nias

Kalau Inspirator ingin berkunjung ke Pantai Tureloto, butuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan darat dari Bandara Binaka, Nias atau Kota Gunung Sitoli untuk sampai ke pantai ini. Akses untuk sampai ke pantai ini terbilang mudah, lho. Kamu bisa menyewa mobil yang akan mengantarmu ke Pantai Tureloto. Fasilitas yang ada pun terbilang cukup lengkap, seperti tersedianya toilet, tempat makan, dan penginapan.

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, sepertinya berkunjung ke Pantai Tureloto ini merupakan solusi terbaik! Kapan lagi bisa mengapung di atas air?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here