Launching Abroad You(th) Buku Antologi, Pemuda Indonesia Mengglobal

Bertepatan dengan International Youth Day pada tanggal 12 Agustus diadakan peluncuran buku seri kedua dari Abroad You(th) Book Project yang berjudul “Abroad You(th) 2nd Chapter : Antologi Kisah Para Pemuda Perwakilan Indonesia dalam Program Internasional di Luar Negeri”, di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta. Acara ini bekerja sama dengan CIMB Niaga melalui gerakan #KejarMimpi, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (BEM FE UNJ), dan Indonesia Volunteering Hub.

Setelah sukses di seri pertama yang dirilis Oktober 2016 lalu, Putri Agustina, yang juga alumnus UNJ siap meluncurkan buku kedua yang diinisiasinya di tahun ini. Bersama 24 pemuda yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan seluruh provinsi di Pulau Jawa, telah bercerita tentang pengalaman mengikuti kompetisi, penelitian, kursus singkat, study tour, pertukaran pelajar atau pemuda, konferensi, lokakarya, forum diplomasi, dan pengabdian masyarakat berskala global. Program-program tersebut dapat menjadi wadah bagi pemuda untuk bisa mengembangkan diri.

Proyek buku ini berpandangan bahwa ketika pemuda yang telah mengikuti program-program tersebut kembali ke tanah air, mereka mendapatkan perubahan positif setidaknya untuk diri mereka sendiri. Misalnya, dari yang tadinya kurang lancar berbahasa Inggris menjadi fasih, atau pun yang tadinya minder berjejaring dalam forum maka bisa lebih percaya diri. Selain itu, wawasan, keahlian, jejaring, dan benefit lainnya dapat dinilai sebagai investasi bagi mereka. Mimpi yang lebih besarnya lagi ialah mereka mampu membuat perubahan positif yang juga berguna bagi orang banyak.

Menjadi delegasi yang mewakili Indonesia dalam program kepemudaan di luar negeri memang bukan perkara yang cukup mudah. Perlu kesiapan mental, intelektual, spiritual, dan bahkan finansial. Banyak pemuda yang mengalami kegagalan dalam proses seleksinya tapi lebih banyak lagi yang sudah menyerah sebelum berjuang.

Untuk itu, buku ini berperan sebagai sumber informasi dan jawaban dalam menghadapi tantangan tersebut melalui tips and tricknya. Bahkan terdapat layanan pascajual, yakni workshop penulisan esai, motivation letter, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan sebagainya.

Tidak hanya menjual buku, ternyata proyek ini membawa misi sosial di bidang literasi melalui gerakan One Book, 25 Inspirations, For Better Nation. Satu buah buku seri Abroad You(th) akan dikirim ke setiap perpustakaan atau rumah baca di seluruh wilayah Indonesia secara gratis supaya semakin banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi dan termotivasi untuk bisa mengglobal. Donasi online dapat dilakukan melalui kitabisa.com/abroadyouth1.

“Buku ini selaras dengan gerakan #KejarMimpi yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa memiliki mimpi yang besar dan berbagi cerita tentang mimpi mereka. Membaca kisah-kisah yang ada di dalam buku ini mengingatkan kita semua bahwa banyak pemuda Indonesia yang memiliki mimpi mengglobal.” ujar Slamet Sudijono, Head of Marketing, Brand & Communication, PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Ia pun mengapresiasi para penulis yang telah berbagi cerita dan mimpi mereka dan berharap bisa menular kepada yang lain untuk menggapai mimpi dan mewujudkannya. Serta berharap akan hilangnya stigma yang bilang bahwa, misalnya, pemuda yang tinggal atau berkuliah di pelosok daerah tidak bisa ikut serta dalam program kepemudaan di luar negeri.

Sesuai dengan quote yang ditulis Putri Agustina dalam tulisannya : “Kita semua punya kesempatan yang sama untuk #kejarmimpi, yang membedakan hanyalah daya juang kita masing-masing.”

Untuk pemesanan buku ini, silakan menghubungi 08998715113 (Putri) via Whatsapp atau kunjungi situs abroadyouth.id dan follow media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) @abroadyouthid sekarang.

Keep Breathing, Keep Inspiring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here