Lakukan Sendiri Acupressure CV 17, Teknik Pengobatan Tiongkok Kuno Untuk Redakan Stres dan Kecemasan

Bertolak belakang dengan kepercayaan yang populer di masyarakat, akupuntur tidak hanya melibatkan jarum, melainkan juga penggunaan panas atau–dalam kasus ini, tekanan–untuk mengobati berbagai nyeri dan sakit penyakit. Komponen utama pengobatan Tiongkok kuno, yaitu menggunakan jemari untuk menekan beberapa bagian berbeda di tubuh manusia, diduga juga bisa membantu meredakan berbagai tipe tekanan psikologis.

Teknik pengobatan Tiongkok kuno saat ini mulai disadari sebagai bentuk terapi yang efektif, bukan hanya bagi praktisi atau mereka yang masih mempelajari teknik ini, tapi juga di dunia pengobatan modern. Yang menakjubkan, teknik pengobatan Tiongkok kuno sebenarnya sudah dikembangkan lebih dari 2.500 tahun lalu. Untuk memberikan perspektif yang lebih mendekati tentang kerangka waktunya, teknik pengobatan Tiongkok kuno dikembangkan 430 tahun sebelum kelahiran Yesus. Luar biasa.

Teknik pengobatan Tiongkok kuno juga memperkenalkan praktik penggunaan obat herbal, pijatan, qi gong (chi kung), dan berbagai bentuk terapi diet. Praktik ini begitu efektif sehingga terus menjadi salah satu teknik pengobatan utama yang digunakan di seluruh Tiongkok. Pengakuan lain tentang keefektifan teknik pengobatan Tiongkok kuno ini adalah dengan diadopsinya teknik ini secara luas oleh berbagai negara di Eropa dan wilayah lainnya di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat.

Sejarah singkat tentang awal perkembangan teknik pengobatan Tiongkok kuno akan kita lanjutkan dengan mempelajari cara memanfaatkan titik tekan spesifik untuk meredakan stres dan kecemasan (gangguan psikologis yang menjadi “makanan” sehari-hari orang zaman sekarang) secara efektif. Teknik ini disebut acupressure. Praktik ini dimaksudkan untuk meredakan respons terutama ketika kita mengalami stres dan kecemasan, yang ditandai dengan napas menjadi pendek-pendek dan detak jantung meningkat.

Mencari titik CV 17

Titik tekan yang menjadi sasaran kita dalam praktik ini adalah bagian tubuh yang dikenal sebagai CV 17. Bagian ini terletak selebar empat jemari ke arah utara dari dasar tulang dada, atau hampir tepat di tengah dada. Berikut ini cara menentukan letak CV 17 (yang dikenal sebagai titik Samudra Ketenangan dalam teknik pengobatan Tiongkok kuno):

https://www.powerofpositivity.com/holding-point-body-can-melt-stress-anxiety/

– Gunakan jemari tanganmu untuk mengusap pelan-pelan bagian tengah tulang dadamu ke atas dan ke bawah

– Setelah kamu menemukan lekukan di sana, praktik penyembuhan ini bisa dimulai

Mari kita mainkan

– Duduklah dalam posisi yang memungkinkan tulang punggungmu tetap lurus dan dalam posisi tegak

– Satukan telapak tanganmu dengan posisi semua jemari menghadap atas (mirip sikap berdoa). Akan membantu jika kamu menggunakan kursi bersandaran tegak untuk memastikan punggungmu tetap lurus selama teknik ini dipraktikkan.

– Setelah posisi dudukmu benar dan nyaman, sikap tanganmu juga benar, gunakan punggung buku ibu jarimu untuk menekan dengan lembut bagian tengah titik CV 17.

– Setelah mendapatkan posisi ini dan kamu siap memulai, perlahan pejamkan matamu.

Photo credit: Google Internet

– Selama praktik ini kamu lakukan, penting diingat supaya kamu:
▪Berfokus melakukan pernapasan yang dalam dan rileks. Kalau kamu stres atau cemas, akan muncul godaan untuk kembali bernapas pendek-pendek
▪Mempertahankan punggung tetap tegak lurus. Ini memungkinkan kamu bernapas dengan penuh dan dalam, sehingga paru-parumu terisi selama proses berlangsung
▪Mempertahankan kepala tetap tegak, tapi santai. Mirip posisi kepalamu jika kamu menatap agak ke bawah. Saat kamu mengembuskan napas, normal jika kepalamu bergerak sedikit ke bawah (ketika paru-paru mengeluarkan udara, gerakan ini alami)

Lanjutkan meditasi pernapasan ini selama paling sedikit 2-3 menit. Ini akan mengarahkan detak jantung dan pikiranmu ke kondisi rileks. Untuk mendapatkan sebanyak mungkin manfaat praktik ini, lakukan meditasi pernapasan ini dua hingga tiga kali sehari, sambil terus menyadari pentingnya bernapas dalam-dalam.

Konon, selain bermanfaat untuk meredakan stres dan kecemasan, praktik ini juga efektif membantu orang yang menderita depresi, keletihan akut, gangguan stres pascatrauma, ketidakseimbangan hormon, atau selama periode pemulihan karena mengalami luka atau pasca operasi.

Stres dan kecemasan mungkin sulit dihindari dalam kehidupan modern saat ini, tapi selalu ada cara untuk mendapatkan solusinya dengan cara aman dan mudah. InspiratorFreak juga punya artikel tentang teknik Jepang kuno untuk membunuh stres dalam lima menit.

Sebentar lagi ritme monoton keseharianmu akan kembali kamu hadapi, tapi sekarang kamu punya pengetahuan baru untuk meningkatkan kesehatan psikologismu, Inspirator. Tetap semangat berjuang, dan jangan lupa untuk bahagia.

(Sumber: Power of Positivity)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here