Kuliah Sambil Kerja Tetap Bisa Berjalan Lancar, Kok. Begini Triknya!

Photo: thebalancecareers.com

Kuliah sambil kerja memang tidak mudah. Terkadang rasa lelah dan malas sering menghampiri dan membuat semangatmu mengendur. Belum lagi kalau harus menyelesaikan tugas-tugas dari dosen tapi harus tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan di tempat kerja. Alhasil, kamu harus begadang tiap hari, batasin waktu untuk main sama teman, dan kadang nggak sempat me-time.

Memang, kuliah sambil kerja itu nggak segampang yang dikira. Tapi, ingat lagi dengan tujuan awalmu kuliah sambil kerja. Kamu harus bijak memanfaatkan waktu supaya keduanya bisa berjalan dengan seimbang. InspiratorFreak punya trik supaya kuliah sambil kerjamu bisa berjalan lancar. Segera terapkan, ya.

1. Buat jadwal prioritas

Photo: ekspektasia.com

Langkah pertama supaya kamu nggak keteteran yaitu dengan membuat jadwal prioritas setiap harinya. Dengan begitu, kamu jadi tahu kegiatan penting apa saja yang harus kamu lakukan di hari itu.

2. Berani menolak ajakan teman

Photo: nakita.id

Setelah punya jadwal prioritas, kamu jadi bisa menentukan mana ajakan yang akan mengganggu atau tidak menggangu jadwal prioritasmu. Misalnya, kamu diajak untuk nongkrong sama teman-temanmu di kafe, padahal di hari itu, kamu ada tugas paper yang harus dikumpulkan besok. Kamu pasti bisa memutuskan mana yang terbaik untukmu. Kalau nongkrong bersama teman untuk sekedar menjalin silaturahmi, kamu bisa alokasikan waktunya saat kamu senggang atau di akhir pekan.

3. Tetap fokus

Photo: simplyhired.com

Saat sedang mengerjakan pekerjaan, tetap fokuskan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Kalau kamu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan fokus dan tenang, hasilnya pun akan lebih cepat selesai dan memuaskan.

4. Tanya teman atau kakak tingkat

Photo: google

Jalin hubungan baik dengan teman atau kakak tingkat di perkuliahanmu. Mungkin suatu saat ada jadwal perkuliahan yang tidak bisa kamu hadiri, maka bertanya terkait materi atau tugas kepada teman menjadi hal yang tepat. Jangan pasif dan berharap ada teman yang akan memberitahumu ya, karena tiap orang memiliki kesibukan masing-masing dan mungkin akan terlewat untuk mengabarkan. Dan, kalau kamu punya kenalan dengan kakak tingkat, kamu juga bisa mendapatkan bahan mata kuliah darinya.

5. Manfaatkan waktu istirahat

Photo: catatanmini.com

Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk istirahat. Misalnya, pada hari Minggu kamu punya waktu luang lebih banyak, maka manfaatkan hari itu untuk istirahatkan tubuh dan pikiranmu. Kamu bisa bersantai di rumah atau melakukan aktivitas lain yang kamu suka. Yang penting, jangan lupa untuk beristirahat dan menjaga kesehatanmu. Kalau kamu sakit, bisa-bisa jadwal prioritasmu akan berantakan.

Kalau kamu disiplin mengatur waktu, kuliah sambil kerja bukan lagi masalah besar. Yang terpenting selalu ingat dengan tujuan awalmu berkuliah, dan jangan sampai studimu berantakan karena kamu yang tidak bijak menggunakan waktu. Tetap semangat, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here