Kreasikan Pisang, Pemuda Ini Sukses Setelah Dua Kali Gagal Berbisnis

Gazan Azka Ghafara Owner Zanana Chips (Foto: Swa.co.id)

“Banyak orang yang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan saat mereka menyerah” – Thomas A. Edison

Andaikan 5 tahun yang lalu, Gazan Azka Ghafara, memutuskan untuk berhenti karena gagal berbisnis, tentu tak akan ada Zanana Chips yang populer itu. Tetapi pemuda yang kini berusia 21 tahun ini memilih bangkit meski telah dua kali gagal berbisnis.

Memulai bisnis di usia yang terbilang sangat muda, 16 tahun, Gazan membuka usaha warung makan. Baru berjalan satu tahun satu bulan, usahanya tak berkembang dan bangkrut. Tak menyerah begitu saja. Gazan mencari peluang lain dengan membuka outlet risoles. Meski berhasil memiliki 3 cabang outlet, namun lagi-lagi bangkrut.

Gazan kembali bangkit. Dengan sisa uang yang ia miliki sebesar Rp 1.050.000, pemuda kelahiran 27 Juli 1995 ini memulai bisnis untuk yang ke 3 kalinya, yaitu keripik pisang Zanana Chips pada tanggal 28 november 2013.

Belajar dari kegagalan sebelumnya, Gazan memulai bisnis ke-3 nya ini dengan meriset resep keripik pisang. Setelah menemukan resep yang tepat, ia mulai memproduksi keripik pisang coklat yang dikemas dengan plastik biasa.

Untuk mendapatkan feedback dari pasar, Gazan menggunakan strategi harga murah, gratis ongkos kirim, dan tanpa minimum order. Hal ini ia lakukan agar banyak orang yang berani mencoba dan memberinya masukan untuk menyempurnakan produknya.

Berbagai strategi ia terapkan, dan berhasil membuat produk Zanana Chips-nya dikenal luas. Hingga saat ini, Gazan dan timnya berhasil mendistribusikan Zanana Chips ke lebih dari 70 kota di Indonesia, Malaysia, Jepang, Brunei Darussalam, dan Kairo melalui jaringan reseller, agen, dan distributor.

Sumber: Zanana Chips

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here