MUREAL

Belum lama ini Indonesia berkenalan dengan tren baru yaitu Kampung Warna maupun Kampung Pelangi. Kampung tersebut menjadi destinasi wisata serta hiburan yang menarik perhatian berbagai kalangan pengunjung. Kini, perkampungan di Tangerang memperoleh kesempatan untuk mencicipi tren tersebut melalui acara MUREAL – Mural Ekspresi Sosial yang diadakan oleh Social Designee.

Mural
Mural

Kegiatan MUREAL dibentuk akibat keprihatinan dari pendidik maupun relawan Social Designee akan kondisi kebersihan lingkungan di perkampungan. Tembok di perkampungan kerap kali dipenuhi dengan tulisan maupun gambar yang tidak sedap dipandang. Selain itu juga terdapat fenomena buang air maupun sampah di sekitar tembok. Aktivitas tersebut umum dilakukan oleh masyarakat, sehingga tidak membentuk kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan yang dihuni oleh masyarakat tersebut.

Menanggapi permasalahan tersebut, pada hari Minggu (31/09/17) komunitas Social Designee melakukan aktivitas gotong royong bersama karang Taruna untuk membersihkan sampah serta rumput liar di sekitar tembok Kampung Carang Pulang RT.01/RW.01, Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan melapisi cat dasar pada tembok yang telah dibersihkan. Tembok tersebut dipersiapkan untuk melaksanakan aktivitas Road to Mureal pada minggu selanjutnya.

senimanPada hari Jumat hingga Minggu (06/10/17 sampai 08/10/17) lebih dari 20 seniman MUREAL menorehkan karya pada tembok yang telah dibersihkan. Karya tersebut mengangkat tema “Masa Kecilku.” Sehingga mengajak masyarakat untuk kembali mengingat kenangan manis saat melalui masa kecilnya. Karya yang dihasilkan penuh warna dan imajinasi, layaknya masa kecil yang penuh dengan impian. Beberapa seniman menambahkan pesan positif seperti unsur nusantara dan makanan 4 sehat 5 sempurna pada karyanya. Adapun seniman MUREAL terdiri dari mahasiswa komunitas Social Designee, Visum Creative, dan Nomad Creative Corps.

social designee

Acara perdana Road to MUREAL membawa dampak yang melebihi ekspetasi. Franko selaku ketua pelaksana MUREAL mengaku bahwa antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi, utamanya karena partisipasi dari masyarakat. Baik ketua RW, ketua RT, Karang Taruna, anak-anak, maupun masyarakat dari RT lainnya menyempatkan waktu untuk melihat dan berpartisipasi dalam pelaksanaan acara MUREAL ini. Karena partisipasi aktif dari masyarakat, MUREAL berhasil memberi warna pada 9 tembok dari target awalnya yaitu 8 tembok.

Desa Tangerang

Aktivitas MUREAL direncanakan akan segera diadakan kembali dalam beberapa saat ke depan. Informasi mengenai kegiatan MUREAL yang selanjutnya dapat diperoleh melalui media komunikasi Social Designee seperti Instagram, LINE, Facebook, dan Sebangsa.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@inspiratorfreak

LEAVE A REPLY