Komunitas Senang Bicara: Karena Public Speaking Gak Cuma Untuk Host

Public speaking
Foto: Senang Bicara

Public speaking kerap diidentikkan dengan dunianya para MC, presenter atau penyiar radio. Tetapi tahu gak sih Inspirator jika ternyata kemampuan public speaking juga harus dimiliki setiap orang termasuk Inspirator.

Hal ini terbukti dari  survei yang dilakukan The People’s Almanac Book of List terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan dalam hidup. Ternyata mayoritas orang Amerika lebih berani mati ketimbang berbicara di depan umum.

Namun masih melekatnya stigma public speaking dengan host dan mahalnya biaya kursus menjadi alasan banyak orang enggan belajar public speaking.  Padahal ada nih komunitas public speaking, dimana Inspirator bisa belajar dengan fun, sharing pengalaman dan menambah banyak teman.

Adalah Komunitas Senang Bicara. Komunitas public speaking ini menjadi  wadah berkumpulnya anak-anak muda Indonesia dan orang-orang yang tertarik untuk pengembangan diri . Senang Bicara melatih  bagaimana  berbicara yang baik dan benar, terstruktur, efisien dan efektif. Serta konten dan konteks bicara jelas sehingga apa yang disampaikan bermanfaat dan menginspirasi.

Nila Kresna, Founder Komunitas Senang Bicara & Public Speaker, menyadari bahwa public speaking tidak hanya milik seorang host dan presenter tv-radio saja. Menurutnya, public speaking milik siapapun yang membutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, sekolah, kantor dan kehidupan sosial.

“Kadang kita banyak bicara tetapi tidak tahu makna bicara kita apa. Saya berpikir, alangkah idealnya jika suatu saat ada wadah berkumpulnya orang-orang yang belajar public speaking yang mungkin tidak mampu mengikuti kursus di lembaga pendidikan khusus, atau juga waktunya terbatas, atau tidak pede mengikuti.”  tuturnya. Sejak didirikan tahun 2011 hingga saat ini, anggota Komunitas Senang Bicara sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Nila (Kanan) Kresna saat memberikan materi public speaking di Senang Bicara Kongkow ( Foto: Senang Bicara)

Untuk metode pelatihanya, Inspirator jangan membayangkan bakal membosan layaknya lembaga kursus pada umumnya. Pelatihan public speaking di komunitas ini dikemas lebih ringan, fun, dan interaktif. Pelatihan ini masuk dalam agenda kegiatan Senang Bicara di setiap bulannya seperti Senang Bicara Kongkow dan Senang Bicara After Office Hour.

Dalam kegiatan Senang Bicara Kongkow, sang founder akan berbagi materi seputar ilmu public speaking yang applicable digunakan dalam keseharian. Selain itu tentu ada praktek langsung. Nah, sesi ini merupakan sesi yang paling ditunggu dan membuat peserta deg-degan, karena semua  peserta yang hadir akan diminta tampil ke panggung mempraktekkan Bicara di depan audiens. Jadi Inspirator bisa memanfaatkan sesi ini untuk melihat seberapa jauh kemampuan public speakingnya.

Sennag Bicara After Office Hour (Foto: Senang Bicara)

Sementara itu, Senang Bicara After Office Hour untuk mengakomodir keinginan para anggota untuk terus secara kontinyu mendalami ilmu public speaking. Pertemuan diisi dengan kegiatan sharing ilmu public speaking dalam bentuk forum diskusi. Acara diadakan satu kali dalam sebulan, di hari kerja pada jam 18.30 s/d 21.00.

Melalui komunitas ini Nila berharap dapat menjadi komunitas yang ikut berperan membangun generasi muda yang penuh percaya diri, santun dan cerdas berbicara dan menularkan semangat untuk menginspirasi orang lain. Nah, untuk Inspirator yang tertarik untuk belajar public speaking, bisa langsung cek www.senangbicara.com

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here