Komunitas Pasukan Bijak Sampah
Sumber: Dokumentasi pribadi

Aksi sosial memang harus terus dibudayakan sejak dini. Terlebih, generasi muda saat ini masih jarang untuk mau dan terlibat dalam kegiatan sosial. Ada sebuah komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, yaitu komunitas Pasukan Bijak Sampah (PBS).

Merupakan komunitas gagasan dari Waste4Change. Dari namanya, tentu kalian sudah tahu dong, Inspirator. Ya, komunitas ini bergerak untuk memerangi pengelolaan sampah tidak bertanggung jawab dengan cara edukasi dan mencontohkan pengelolaan sampah terpadu. Tujuannya untuk mendekatkan masyarakat pada pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Bagaimana caranya?

Pasukan Bijak Sampah
Sumber: Dokumentasi pribadi

Pertama, para anggota yang tergabung dalam komunitas ini akan diajak pelatihan langsung di area komposting, tempatnya seperti Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R). Di tempat ini, sampah bukan hanya diakhiri begitu saja. Namun, sampah akan dipilah berdasarkan jenisnya.

Mereka akan diajarkan ada berapa jenis sampah yang kita gunakan sehari-hari, kemudian memilah sampah sesuai jenisnya. Dan kamu akan merasa menyesal, ketika mengetahui seberapa banyak sampah yang kamu hasilkan setiap harinya. Pada saat sesi memilah sampah, kamu akan menyadari bahwa memilah sampah saat sampah sudah mencampur jadi satu itu sangatlah sulit. Maka dari itu, komunitas ini akan mengkampanyekan memilah sampah di awal, bukan di akhir. Jadi, jangan biasakan membuang sampah langsung pada tempatnya, melainkan pilah sampah dahulu pada tempatnya.

Inspirator, sudahkah kamu memilah sampah? Jika belum, yuk lakukan dari hal terkecil. Jika kamu terbiasa beraktivitas di luar rumah, biasakan menggunakan tumbler yuk! Gerakan kecil ini bila dilakukan dengan serentak akan meminimalisirkan penggunaan botol minum sekali pakai. Aktivitasmu berkaitan dengan berkas dan dokumen? Nah, kamu juga bisa lho, menggunakan kertas bekas untuk mencetak dokumen. Atau kamu bisa juga mencetak dokumen dengan bolak-balik pada satu lembar kertas.

Pasukan Bijak Sampah
Sumber: Dokumentasi pribadi

Pasukan Bijak Sampah juga pernah diundang dalam kegiatan Clean Up Jakarta Day, gerakan membersihkan sampah di Jakarta dari Gelora Bung Karno hingga Bundaran HI. Tak luput, komunitas ini juga sering diundang dalam berbagai acara untuk mengkampanyekan kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Karena Pasukan Bijak Sampah berada di bawah naungan Waste4Change, agenda PBS juga ada berkebun loh. Berkebun dilakukan di Farm4Life. Di sini tempat di mana semua sampah yang ada di area komposting yang telah dipilah, akan dijadikan pupuk kompos maupun biji plastik. Dari hasil panen berkebun ini, bisa dijual kembali untuk para pengolah kebun itu sendiri, lho.

Sedikit tindakan, luar biasa dampaknya. Apakah kamu masih enggan untuk merubah pola hidup #BebasSampah2020?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Indah Nurwijayanti

Editor  : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY