Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Cerita Berbagi Senilai Satu Tradisi

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Cerita Berbagi Senilai Satu Tradisi

Dongeng identik dengan dunia anak-anak dan sebagai pengantar tidur. Tetapi Inspirator tahu gak sih ternyata dongeng tak hanya digemari oleh anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun masih menyukai aktivitas berbagi cerita ini. Salah satunya Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) adalah komunitas sosial yang berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng bagi anak Indonesia untuk keceriaaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi.

Tercetusnya gerakan ini berawal dari permintaan beberapa peserta belajar mendongeng yang diadakan oleh Ariyo Zidni. Guru, Pekerja Kantoran, Mahasiswa/i, Remaja, dan dari beragam profesi atau latar belakang lain adalah asal para peserta belajar mendongeng.

Selain senang dengan dunia anak, dunia cerita (dongeng) dan ingin belajar dongeng, para pelajar dongeng ini ingin sekali mendongeng untuk berbagi cerita dan ceria ke anak-anak yang jauh dari indahnya dunia cerita.

Kegiatan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia beragam, mulai dari Dongeng Kejutan (siapapun yang mau mendongeng dengan sepenuh hati), Kelas Dongeng (berbagi tentang pengalaman, trik dan tips mendongeng), Kampanye Dongeng (kegiatan menyebarkan virus mendongeng melalui media sosial), dan Festival Dongeng.

Khusus tahun ini, tepatnya awal November lalu, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia menggelar Festival Ayo Dongeng Internasional yang dihadiri oleh pendongeng senior Indonesia dan pendongeng Internasional. Festival bertajuk “Cerita Indonesiaku” ini mengangkat cerita-cerita daerah dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua, untuk mengobati kerinduan akan cerita rakyat Indonesia.

Ario Zidni, Direktur FDI sekaligus salah satu pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia, mengungkapkan melalui festival ini pengunjung bisa merasakan nuansa cerita Indonesia yang sesungguhnya dan memenuhi rasa rindu akan cerita dari negeri sendiri. “Satu cerita dibagi, senilai satu tradisi, melampaui generasi,” ujarnya.

Selain hadirnya para pendongeng dalam dan luar negeri, teladan dunia anak dan dongeng Indonesia, Alm. Pak Raden (drs. Suyadi) pun turut hadir dalam pameran ilustrasi karyanya semasa hidup. Buku-buku cerita Alm. Pak Raden yang dipamerkan merupakan koleksi lama seperti Kebakaran di Gang Sembrono dan sejumlah buku cerita rakyat populer seperti Lutung Kasarung, Timun Emas, Cinderlaras dan Jaka Tarub.

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Cerita Berbagi Senilai Satu Tradisi
Beberapa karya Pak Raden yang dipamerkan (Foto: Dok. pribadi)

v

Amel, relawan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, mengatakan, keikutsertaan pameran karya Pak Raden sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya Pak Raden yang konsisten mengangkat cerita rakyat Indonesia serta apresiasi pada sosok sang pendongeng dan penulis cerita.

Keep Breathing, Keep Inspiring

Penulis: Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here