Komik Serial Anak-anak Revolusi: Kisah Generasi Revolusi Untuk Generasi Masa Kini
Budiman Sudjatmiko dengan Komik Serial anak-anak Revoulsi

 

Dua puluh tahun dari sekarang, kamu akan lebih menyesali apa yang tidak kamu lakukan ketimbang yang kamu lakukan (Mark Twain)

Setiap generasi punya kegelisahannya sendiri, namun tidak semua generasi mau mendobrak status quo. Budiman Sudjatmiko dan kawan segenerasinya adalah anak-anak muda yang berada di tengah gejolak perubahan di Indonesia akhir 90-an. Menghadapi perubahan sejarah, mereka tak tinggal diam atau hanya jadi komentator di pinggiran.

Dua puluh tahun kemudian, Budiman ingin berbagi kisahnya dengan generasi muda masa kini. Muncullah gagasan untuk menuangkannya melalui medium komik. Maka, Budiman berkolaborasi dengan Hari Prast dan Yoga untuk mengadaptasi Novel Anak-Anak Revolusi, sebuah otobiografi Budiman Sudjatmiko menjadi komik.

Berbagai kisah seru yang tidak tertuangkan dalam novel tersebut, kini memiliki mediumnya sendiri. Komik yang kemudian diberi judul Talking About A Revolution ini, terinspirasi dari judul lagu Tracy Chapman, Talkin’ ‘Bout A Revolution, yang kerap dinyanyikan oleh mahasiswa 90’an. Judul ini dirasa pas dengan kisah perjalanan tumbuhnya generasi anak muda yang memiliki keinginan menggebu untuk membuat perubahan di negaranya.

dscf7631
Booth ARM di acara Popcon Asia 2016 (dok. pribadi)

Dalam jumpa pers di acara Popcon Asia 2016, Budiman mengungkapkan “Saya berharap semoga komik ini bisa memberikan rangsangan positif bagi para pembaca dan bisa memperkaya kreativitas terutama mengenai bercerita dengan bahasa gambar.”

Kemunculan komik ini juga menandai lahirnya Anak Revolusi Movement (ARM), sebuah wadah bagi anak muda untuk beraktivitas, berkolaborasi, dan berkarya untuk bangsanya. Berbagai aktivitas digagas untuk menampung semangat anak-anak muda dalam mempercepat laju perubahan yang didasarkan pada kepekaan sosial, kreativitas, dan kemajuan teknologi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Ifa Ikah

Editor  : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY