“Kita, Gambut dan Masa Depan Lingkungan Indonesia”, Kenalkan Pentingnya Lahan Gambut untuk Kehidupan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) merilis luas lahan gambut yang terbakar pada 1 Juli-20 Oktober 2015 mencapai 2.089.911 hektar, 618.574 hektar lahan gambut dan 1.471.337 hektar non gambut. Kebakaran ini setara 32 kali luas Jakarta atau empat kali Pulau Bali!

Angka ini tentu mengejutkan bagi siapapun. Pasalnya terbakarnya lahan gambut tak hanya berdampak pada kesehatan, sosial dan ekonomi saja, melainkan pada kestabilan iklim dunia. Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia pada 5 Mei, sejumlah organisasi yang tergabung dalam Tim Pantau Gambut menggelar seminar sekaligus peluncuran platform Pantaugambut.id di Conclave, Jakarta Selatan.

Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai platform ini, yuk kenalan lebih dulu megenai apa itu lahan gambut dan kenapa penting menjaga kelestarian lahan gambut.

Apa itu gambut?

Foto: Globalriau.com

Gambut adalah hamparan yang terbentuk dari sisa-sisa pohon, rerumputan, lumut, dan jasad hewan yang membusuk. Timbunan tersebut menumpuk selama ribuan tahun hingga membentuk endapan yang tebal. Gambut umumnya ditemukan di area genangan air, seperti rawa, cekungan sungai, maupun daerah pesisir. Gambut bisa berada di dataran rendah dan dataran tinggi.

Mengapa penting menjaga kelestarian lahan gambut?

Foto: Himasiltan.lk.ipb.ac.id

Ekosistem gambut berperan stabilnya iklim dunia. Ini karena gambut menyimpan sepertiga cadangan karbon dunia. Indonesia, khususnya, merupakan rumah bagi lahan gambut tropis terbesar di dunia. Lahan gambut Indonesia menyimpan karbon yang tinggi, diperkirakan mencapai 22,5-43,5 gigaton karbon. Selain itu melindungi lahan gambut dapat mengurangi dampak buruk bencana dan dapat menunjang perekonomian masyarakat lokal.

Apa sih Pantaugambut.id? Bagaimana fungsinya?

Foto: SS

Pantau Gambut adalah media daring (online) yang menggabungkan teknologi, kolaborasi data, dan jaringan masyarakat untuk memberikan informasi bebas biaya seputar restorasi lahan gambut di Indonesia. Secara berkala, Pantau Gambut berbagi perkembangan kegiatan dan komitmen restorasi ekosistem gambut oleh segenap pemangku kepentingan di Indonesia, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat sipil, serta pelaku usaha.

 

Yuk, bagikan artikel ini agar semakin banyak yang tahu dan peduli akan kelestarian lahan gambut di tanah air kita.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here