Kiat Mejadi Seorang Jurnalis Hebat Seperti Najwa Shihab

Najwa shihab merupakan salah satu jurnalis senior yang berani dan cerdas.  Ia terkenal sebagai pribadi yang tidak takut untuk mengungkap kasus berbahaya, terutama kasus yang menimbulkan kerugian bagi banyak orang–seperti kasus korupsi.

Belum lama ini–Nana–begitu panggilan akrabnya, mengungkap sel palsu yang di huni Setya Novanto. Keberanian Najwa memang patut diancungi jempol, dan karena itu tak heran Najwa sering mendapat banyak penghargaan, salah satunya Indonesian Choise Award 5.0–sebuah acara penghargaan bergengsi yang diadakan oleh stasiun televisi NET TV.

Menjadi idola generasi milenial

Walaupun Najwa Shihab merupakan jurnalis senior, tapi generasi millennial banyak yang mengaguminya dan banyak pula generasi millennial ingin menjadi jurnalis seperti Najwa Shihab.

Najwa shihab, jurnalis, wartawan
Instagram/Najwashihab

Banyak generasi millennial yang bertanya-tanya, bagaimana menjadi seorang jurnalis seperti Najwa Shihab yang begitu cekatan, cerdas dan berani apalagi ketika mewawancarai narasumber. Najwa sangat tajam sekali dalam mengajukan pertanyaan ke narasumber. Menurut Najwa, kiat menjadi jurnalis adalah sebagai berikut:

1. Menjadi jurnalis harus memantapkan keahlian dan perluas jaringan, karena kekayaan seorang jurnalis adalah relasi atau jaringan.

2. Menentukan ciri khas tersendiri, ini penting untuk seorang jurnalis karena akan membuat orang lain mudah mengenali karyamu. Bila sudah menentukan ciri khas, kamu harus menjaga ciri khas tersebut dan jangan sampai ciri khas kamu menjadi turun dan berperilaku yang membuat orang lain mempertanyakan kredibilitas dirimu.

3. Harus bisa beradaptasi dengan perubahan, karena dunia ini cepat sekali berubah maka kamu harus cepat pula berdaptasi. Ditambah lagi oleh perkembangan teknologi yang dapat mempercepat perubahan dunia ini. (Sumber video Youtube Harian Kompas)

4. Jangan pernah menanyakan hal yang kamu tidak tahu jawabannya, ini merupakan jurus Najawa Shihab yang telah ia pegang lama. Seorang jurnalis harus melakukan banyak riset dan riset itu harus dilakukan secara mendalam. Harus bisa memperkirakan atas pertanyaan yang telah dibuat.

5. Harus bisa membedakan mana voice dan mana noise. Menurut Najwa ini adalah tantangan semua jurnalis, harus bisa membedakan hal yang penting untuk ditelusuri dan hal yang tidak penting untuk ditelusuri secara lebih jauh. (Sumber Jejakrekam.com)

Menjadi jurnalis hebat seperti Najwa Shihab tidaklah instan, butuh waktu untuk berlatih dan bersabar agar kamu bisa menjadi jurnalis cerdas dan berani seperti Najwa Shihab. Semoga kelima hal ini bisa membantu kamu untuk mencapai cita-cita menjadi seorang jurnalis.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here