Print

1_02_2016318184420Tersebarnya pesan berantai atau biasa dikenal dengan broadcast message di sosial media mengenai fenomena Equinox yang melanda Indonesia, Malaysia, dan Singapura sangat menggelitik banyak orang yang membacanya. Bayangkan saja Inspirator, bagaimana jadinya jika selama beberapa hari kedepan Indonesia mengalami kenaikan suhu drastis hingga 40°C. Wah! Bisa berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita semua. Seperti yang dijelaskan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam website resminya, Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa. Fenomena ini secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan. Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di Indonesia bisa mencapai 32-36° C. Fenomena Equinox memang akan memberikan dampak terhadap suhu udara di Indonesia, tetapi efeknya tak sesignifikan yang digambarkan dalam pesan berantai.

https://statik.tempo.co
https://statik.tempo.co

“BC (sebaran pesan) yang beredar merupakan hoax, Quinox (Equinox) adalah peristiwa yang berkaitan dengan gerak semu matahari, di mana dalam setahun matahari berada persis atau tepat di atas khatulistiwa (tanggal 21 Maret dan 23 September), sehingga merupakan fenomena alam yang normal,” jelas Kepala Sub-Bidang Informasi dari BMKG, Harry Tirto Djatmiko, melalui pesan pendek yang diterima VIVA.co.id, pada Jumat 18 Maret 2016. Harry juga menjelaskan, sesekali memang udara terasa panas ketika fenomena Equinox. Namun, suhu panas itu muncul tidak bersamaan dengan lintasan matahari ketika tepat di atas khatulistiwa. Fenomena itu muncul lantaran ada jeda waktunya, dan udara panas pun bukan semata karena intensitas cahaya matahari.
Begitu pula penjelasan oleh Badan Lingkungan Hidup Nasional Singapura (NEA) yang membantah beredarnya kabar bahwa Singapura akan alami cuaca terpanas akibat fenomena Equinox pada dua minggu ke depan. “NEA menyadari pesan yang beredar melalui pesan teks dan platform media sosial yang mengklaim bahwa suhu melambung ke 40°C dalam beberapa hari mendatang, sehingga gelombang panas mungkin menyebabkan dehidrasi dan heat stroke. Klaim ini tidak benar,” tegas NEA seperti dikutip Straitstimes, Jumat 18 Maret 2016.
NEA menyebutkan Badan Layanan Meteorologi Singapura (MSS) telah mengatakan, memang dua minggu akhir Maret ini suhu dipekirakan lebih kering dan panas. Namun, tidak mencapai suhu 40°C. “Kisaran antara 33-34°C, dan bisa mencapai tinggi sekitar 36°C pada beberapa hari,” kata NEA. Tidak berbeda dengan Indonesia dan Singapura, Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi, Datuk Wilfred Madius Tangau mengatakan bahwa saat ini Malaysia mengalami suhu panas melebihi 35°C selama 5 hari berturut-turut, atau 37°C selama 3 hari berturut-turut, seperti yang dikutip oleh media The Star. Dalam sebuah pernyataan juga, ia mengatakan bahwa suhu tertinggi tercatat di daerah Alor Setar, dan Chuping (Perlis) yaitu berkisar sekitar 38°C. Dia menambahkan bahwa jika hujan terus tidak turun, pastilah daerah seperti Kedah, Perlis, dan Penang juga bisa merasakan suhu yang lebih tinggi.
Print
Print

Inspirator Freak mengimbau semua Inspirator untuk tidak terlalu panik menghadapi fenomena Equinox ini yah. Apalagi, secara umum Indonesia memang lagi memasuki musim kemarau dengan udara yang cenderung lebih kering. Tetap jaga daya tahan tubuh, baik itu daya tahan tubuh sendiri, keluarga, ataupun lingkungan. Dan selalu pastikan mengkonsumsi air lebih banyak dari pada hari-hari biasanya.
Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Rianda Rizki Permata Esmirhan Editor   : Kintan Lestari   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleSeminar “Be Resilient Professional”
Next articleFilm Indonesia yang Akan Rilis di Bulan April 2016

LEAVE A REPLY