Setelah berbicara banyak dalam topik industri kreatif, lewat video Jokowi Menjawab Episode 1. Presiden Jokowi kembali menerima beberapa pertanyaan dari anak-anak Indonesia. Pertanyaan pertama datang dari seorang anak perempuan asal Bone, Sulawesi Selatan bernama Nur Hikmah Tahir (15 tahun). Nur bertanya mana yang lebih baik apakah orang pintar atau orang baik?

“Pertanyaannya kok menyulitkan gitu, pilih orang baik atau orang pintar?,” ujar Presiden Jokowi sembari tersenyum.

Menurut Jokowi, pilihan yang layak adalah memilih orang yang pintar sekaligus berperilaku baik. Bagi Jokowi akan sia-sia jika seseorang memiliki kecerdasan yang baik namun tidak mampu berperilaku baik kepada diri sendiri atau orang lain seperti tidak punya etika, suka menghujat, mencela, menjelekkan orang lain.

“Saya pengennya anak-anak kita punya perilaku yang baik,” kata Jokowi

Pertanyaan selanjutnya berasal dari Adelia Putri (18 tahun) yang meminta Jokowi untuk menggambarkan Indonesia hanya dalam 3 kata. Lewat pertanyaan itu, Jokowi menjawab besar, berbudaya dan kaya.

“Indonesia ini besar, jumlah penduduknya besar kita, 250 juta. Pulau kita ada 17.000 pulau, ini juga besar. Kemudian berbudaya, kita tahu masyarakat Indonesia ini terkenal sekali kesantunannya, keramahannya, dan budaya luhur bangsa ini harus kita lestarikan,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga menyebutkan Indonesia adalah negara yang kaya. Kekayaan itu terlihat dari beragam dan melimpahnya sumber daya alam. Jokowi pun juga mengatakan, bahwa melimpahnya kekayaan alam Indonesia harus dikelola secara bijak agar mendapatkan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Pertanyaan terakhir datang dari Yadian (14 tahun) yang bertanya, “Siapakah Hokage ke-8 dalam film Naruto?”

Jokowi pun tertawa kebingungan, karena ia tidak mengetahui apa dan siapa Hokage ke-8 karena ia tidak menyimak komik atau film animasi Naruto.

“Saya enggak tahu Hokage ke-8, Naruto, saya enggak ngerti, jadi kalo saya jawab nanti malah keliru. Jadi nanti tolong buat video lagi jelasin ke saya Hokage ke-8 itu apa, Naruto itu siapa?” kata Jokowi sambil tertawa.

LEAVE A REPLY