Ketika Ibu Rumah Tangga Belajar Coding di Coding Mum

Ketika Ibu Rumah Tangga Belajar Coding di Coding Mum
Ilustrasi: Codingmum.id

Coding identik dengan dunia laki-laki tetapi kini ibu-ibu rumah tangga pun bisa menguasai coding. Caranya? Tentu dengan belajar di kelas pemrograman khusus ibu rumah tangga Coding Mum.

Coding Mum merupakan kelas regular yang memberikan pelatihan keahlian dalam mendesain dan memproduksi website/front end menggunakan HTML, Javascript dan program pendukung lainnya. Program yang diinisiasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan diselenggarakan oleh Kolla ini menyasar kaum ibu rumah tangga.

Ellen Xie, Head Program of Coding Mum, menjelaskan alasan ibu-ibu rumah tangga sebagai target program Coding Mum. Menurutnya saat ini industry sangat membutuhkan banyak programmer. Namun jumlah programmer yang ada tak sebanding dengan kebutuhan industry.

“ Memang seakarang sudah ada industry yang mengajarkan programming ke anak-anak namun anak-anak belum siap masuk ke dunia kerja dan dijadikan talent. Sementara itu kita melihat banyak ibu rumah tangga potensial karena mereka ada yang lulusan S1, pintar dan memilih tinggal dirumah. Dari situkita melihat peluang untuk mengajarkan mereka coding.” ujarnya saat ditemui Inspirator Freak dalam event Tech in Asia, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Ketika Ibu Rumah Tangga Belajar Coding di Coding Mum
foto: dailysocial.id

Kelas Coding Mum buka di pagi hari dari pukul 8 sampai 11, setelah ibu rumah tangga selesai mengantar anak ke sekolah sampai waktu menjemput anak. Konsepnya memang disesuaikan waktu yang dimiliki ibu rumah tangga sehingga tidak mengganggu aktivitasnya bersama keluarga.

Tahun ini, Kolla-sebagai penyelenggara-menargetkan ibu rumah tangga. Akan tetapi di tahun depan Kolla akan memperluas lagi segmentasinya sehingga para perempuan single pun bisa mengikuti program Coding Mum.

“Coding Mum menjadi salah satu program utama bekraf untuk memberikan skill tambahan untuk ibu-ibu agar lebih kreatif dan mendapatkan uang tambahan dari rumah. Saat ini beberapa lulusan Coding Mum sudah ada yang direkrut oleh industry, salah satunya Tokopedia.” ujar Ellen. Lulusan Coding Mum ini biasanya mereview aplikasi yang dibuat industry sehingga mendapatkan feedback dari sisi technical.

Ellen berharap dengan mengajarkan ibu-ibu rumah tangga, mereka pun dapat mengajarkan pada generasi seterusnya. Apalagi di era digital ini, programming akan menjadi bahasa sehari-hari.

Kelas Coding Mum tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, dan Makassar. Untuk mengetahui info lebih lanjutnya, Inspirator bisa langsung berkunjung ke Coding Mum

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

2 KOMENTAR

  1. Keren! Mengapresiasi penuh program ‘Coding Mum’ ini, karena selain dapat meningkatkan taraf hidup Perempuan & Ibu Rumah Tangga Indonesia, juga sang Ibu juga bisa saja menurunkan ilmunya nanti kepada anak. Semoga sukses dan berhasil ^_^

    Regards, Raafi
    Owner Plaza Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here