Ketika Boss Gojek Naik Gojek
CEO Gojek, Nadiem Makarim terlihat dijemput oleh abang Gojek

Ada hal yang menarik pada saat meliput acara Indonesia Summit 2016 (25/2/2016) tadi. Dari sekian banyak nara sumber yang hadir, sosok Nadiem Makarim menjadi salah satu yang “diincar” oleh para awak media. Namun begitu selesai menjadi pembicara Nadiem yang merupakan Founder dan juga CEO dari Gojek itu langsung bergegas pergi meninggalkan ruang acara. Awalnya Inspirator Freak mau wawancara juragan ojek ini, namun karena sudah pergi akhirnya niat itu urung terjadi. Memang Inspirator Freak tidak mengikuti kegiatan hingga selesai dan ingin juga bergegas pulang. Tanpa disengaja ternyata Inspirator Freak kembali bertemu dengan Nadiem di lobby bawah tempat acara tersebut. Nadiem terlihat seperti sedang menunggu dijemput oleh kendaraannya dan ia tengah berbincang santai dengan seorang ibu-ibu bule di lobby tersebut. Inspirator Freak sengaja menunggu karena ingin ngobrol-ngobrol sebentar sekaligus menebak-nebak kira-kira apa nih mobil dari salah seorang yang karyanya mencuri perhatian dunia ini. Satu per satu mobil mewah lewat tapi ternyata bukan untuk menjemput Nadiem. Sampai akhirnya Nadiem seorang diri, karena si ibu bule sudah pergi dan ternyata Ia jalan kaki menuju pintu keluar salah satu hotel mewah di Jakarta. Inspirator Freak sempat mengajak ngobrol singkat mengenai rencana Uber yang akan membuka layanan ojek motor. Nah setelah itu Nadiem langsung pamit dan berjalan keluar. Karena mau sama-sama pulang, maka Inspirator Freak mengikuti dari belakang. Agak salut juga melihat seorang yang cukup fenomenal ini berjalan kaki sendirian di saat mungkin para founder start up lainnya yang baru di invest  dana oleh investor langsung memilih untuk membeli mobil idaman. Ternyata jemputan Nadiem ada di seberang hotel tersebut. Dengan dibantu oleh satpam hotel, Nadiem menyeberangi jalan dan ia sudah disambut oleh 3 orang tukang ojek Gojek. Sempat berpikir apakah tukang ojeknya tahu gak ya kalau itu yang punya Gojek, ternyata mereka tahu. Jadi salah satu tukang ojek langsung minta foto bareng di pinggir jalan bersama sang boss (sayang telat mengabadikan momen ini). Nadiem pun sama sekali tidak terlihat canggung ketika diajak foto.

CEO Gojek terlihat menggunakan layanan ojeknya di Jakarta
CEO Gojek terlihat menggunakan layanan ojeknya di Jakarta
Begitu selesai, Nadiem langsung menaiki motor tersebut dan pergi bersama jemputannya, bukan dengan mobil mewah tapi dengan ojek motor. Inspirator Freak bukan seorang diri yang menjadi saksi dari peristiwa itu, tapi ada juga beberapa orang wartawan yang mencoba mengejar Nadiem juga melihat hal ini. Sungguh luar biasa sikap yang ditunjukkan oleh Nadiem.
2 orang wartawan yang berusaha mengejar Nadiem tapi gagal
2 orang wartawan yang berusaha mengejar Nadiem tapi gagal
Sebetulnya Ia sangat bisa untuk menggunakan kendaraan pribadi kemana-mana, karena memang sudah sewajarnya CEO dari sebuah perusahaan yang nilainya sudah mencapai trilyunan ini bisa mendapati fasilitas terbaik. Namun ternyata ia lebih memilih untuk menggunakan “karya” nya sendiri. Ia mungkin sekaligus bisa mengecek bagaimana pengalaman menggunakan aplikasinya sekaligus berinteraksi secara langsung dengan tukang ojeknya sebagai bahan evaluasi perusahaan. Hal lainnya yang berhasil dibuktikan oleh Nadiem adalah, ia selalu mengatakan bahwa Gojek lahir untuk menjadi solusi dari kemacetan parah yang terjadi di banyak kota. Nah agak lucu kalau ia berkata begitu tetapi ia sendiri masih menjadi salah satu penyebab dari kemacetan itu sendiri. Di sini justru Nadiem sudah mengajarkan kita untuk Walk the talk atau jangan omong doank! Semoga kita akan melihat Nadiem-nadiem lainnya dari para pelaku start up atau bisnis di Indonesia.   (tulisan ini dibuat murni dari pengalaman penulis dan tidak ada kerja sama dengan pihak Gojek Indonesia untuk maksud dan tujuan tertentu). Inspirator Freak Keep Breathing, Keep Inspiring!   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY