Kesulitan Hidup Adalah Tanda Kesuksesan Menantimu. Habiskan Kuota Gagalmu!

Ketika kesulitan hidup membuat perjalananmu terasa berat dalam waktu lama, mungkin kamu merasa semua pintu tertutup. Meskipun sesekali hati kecilmu berbisik lemah, “Masih ada harapan, ayo coba lagi,” berjuang bisa terasa sangat sulit, bahkan meskipun kamu terus mengingatkan dirimu untuk berpikir positif. Kabar baiknya, pertolongan selalu hadir untuk mereka yang sungguh-sungguh ingin memperbaiki hidupnya, dan pertolongan itu bisa dalam bentuk kata-kata motivasi yang menginspirasi dari orang-orang yang juga pernah mengalami kesulitan hidup dalam perjalanannya meraih impian dan kesuksesan.

Membaca kata-kata bijak untuk mengatasi kesulitan hidup memang kedengarannya terlalu melebihkan, tapi peneguhan dalam bentuk kata-kata sudah terbukti bisa mengobarkan semangat yang hampir padam. Berikut beberapa kata-kata motivasi dari tokoh terkenal dunia yang InspiratorFreak pilihkan khusus untukmu.

Thomas Alva Edison (1847-1931), penemu bohlam

– Saya tidak gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil

– Banyak kegagalan hidup terjadi karena orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka pada kesuksesan ketika mereka menyerah

Photo credit: Wikipedia

Infeksi telinga yang diderita Edison membuatnya mengalami gangguan pendengaran ketika dia kanak-kanak hingga usianya dewasa. Dia belajar di sekolah umum hanya selama 12 minggu. Edison yang hiperaktif dan cenderung mudah pecah perhatian disebut “sulit” oleh gurunya sehingga ibunya segera membawanya pulang dari sekolah dan mengajarinya di rumah.
Pada umur 11 tahun, Edison menunjukkan kerakusan luar biasa pada ilmu pengetahuan; dia membaca buku-buku dengan variasi subjek yang sangat luas. Dengan sistem kurikulum terbuka lebar ini Edison mengembangkan proses belajar mandiri yang mendatangkan manfaat baginya seumur hidupnya.

Walt Elias Disney (1901-1966), pendiri Disney Company

– Semua impian kita bisa menjadi nyata jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya

– Cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan mulai melakukan

Photo credit: Wikipedia

Perusahaan film animasi pertama Disney bernama Laugh-o-Grams. Film produksinya laris dan penontonnya banyak, tapi sayang, Disney tidak memperhatikan aliran keuangan dan terlilit utang besar sehingga perusahaannya bangkrut.

Dalam keadaan terdesak, dia mendirikan Disney Brothers Studio bersama kakaknya. Dia mengajak seorang produser film untuk membuat film animasi Alice in Wonderland yang, lagi-lagi, sukses besar. Sayangnya, perusahaannya kembali terpuruk karena mitranya berkhianat. Tidak mau berlama-lama menyesali nasib, Disney bangkit dengan menciptakan karakter kartun Mickey Mouse yang juga populer seketika, disusul Minnie Mouse, Donald Duck, Goofy, dan lain-lain yang tetap menjadi kesayangan dunia hingga hari ini.

Soichiro Honda (1906-1991), pendiri Honda Motor Company

– Alih-alih takut menghadapi tantangan dan kegagalan, Anda harus lebih takut menghindari tantangan dan tidak melakukan apa-apa

– Ketika Anda gagal, Anda juga belajar bagaimana cara supaya tidak gagal

Photo credit: Google Internet

Honda memulai usaha reparasi mobilnya di kampung halamannya pada 1928. Dia menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam kecelakaan parah yang membuat tulangnya patah, termasuk di kedua pergelangan tangannya. Dengan keadaannya seperti itu, sang istri berhasil membujuk Honda untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia beralih ke bisnis pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS, Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota.

Pada 1948, Honda memulai produksi sepeda motor sebagai Presiden Honda Corporation. Honda mengembangkan perusahaannya menjadi perusahaan multinasional berharga miliaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia.

Tokoh-tokoh paling sukses di dunia pun tidak kebal dari tantangan dan kegagalan. Banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dari jatuh-bangun mereka menciptakan mahakarya yang mengubah dunia.

Jadi, apa pun kesulitan hidup yang kamu hadapi saat ini, manfaatkan itu sebagai pendorong semangatmu untuk bangkit lagi. Entah kamu sedang merintis usaha atau ingin berjaya di dunia pendidikan, jangan pernah menyerah.

Di ujung tulisan ini ada pesan sederhana yang InspiratorFreak pilihkan untuk semua Inspirator yang ingin membangun Indonesia:

Habiskan kuota gagalmu–Shandy Tan

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here