Padjajaran Accounting Week

BANDUNG – Padjadjaran Accounting Week (PAW) merupakan acara internasional tahunan yang diadakan oleh HIMAKUNPAD (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran). Pada tahun ini Padjadjaran Accounting Week 2016 telah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya, dan diikuti oleh mahasiswa aktif fakultas ekonomi dan bisnis yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Padjadjaran Accounting Week 2016 terdiri dari dua rangkaian acara utama yaitu International Conference dan National Competition, yang mengangkat tema “Ethical Issues in Business” dengan subtopik:

  1. Transfer Pricing and Tax Avoidance
  2. Offshore Investment: A Reveal of the Scam
  3. Corporate Governance Regulations for Public Corporation and its Role as an Ethics Control.

Padjajaran Accounting Week

Selain kedua rangkaian acara utama, terdapat rangkaian acara lainnya, yakni kunjungan ke Saung Angklung Udjo, Company Visit ke Bank Indonesia, Cultural Night, dan Field Trip. Padjadjaran Accounting Week 2016 diselenggarakan tanggal 8 November sampai dengan 11 November 2016 yang bertempat di Universitas Padjadjaran Dipatiukur dan diikuti oleh 92 delegasi.

Padjajaran Accounting Week

Pada international conference, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu panel discussion pada hari pertama, paper presentation pada hari kedua, dan parallel break-out session pada hari ketiga. Adapun pembicara panel discussion yang dihadirkan yaitu Head of Batam Medium Tax Office, Arman Imran; Foreign Legal Consultant at Makarim & Taira S, Richard Cornwallis, L.L. B., Dip.I.L.P. ; dan Director of Sustainable Finance Project OJK, Edi Setijawan, S.E., M.B.M. yang membahas ketiga subtopik. Konferensi diakhiri dengan adanya konvensi dan deklarasi yang ditandatangani oleh seluruh delegasi konferensi. Sedangkan national competition dibagi menjadi beberapa babak, yang mana di hari pertama diadakan Case Competition, dilanjutkan dengan Comprehensive Test, cerdas cermat, dan final presentation dari para delegates di hari kedua.

Universitas Padjajaran Bandung

Selain dua rangkaian acara utama tersebut, terdapat pula rangkaian acara lainnya. Pada hari pertama, peserta melakukan kunjungan ke Saung Angklung Udjo. Di sini peserta disuguhkan dengan pertunjukan musik angklung, yang merupakan salah satu budaya Jawa Barat.

Pada hari kedua peserta melakukan company visit, di mana peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi Bank Indonesia cabang Bandung dan mendapatkan materi dari Bank Indonesia mengenai kode etik. Hari ketiga diisi dengan acara cultural night yang diadakan di Aryaduta Hotel Bandung. Cultural Night merupakan malam apresiasi bagi seluruh delegasi setelah mengikuti seluruh rangkaian acara utama. Pada cultural night juga diumumkan pemenang untuk international conference dan national competition.

Binus University

Pemenang untuk international conference adalah Tim dari Binus University International sebagai best paper, Aesthesis dari Universitas Indonesia sebagai best team, dan Albert Ariyanto Sani dari Binus University International sebagai best delegate.

Padjajaran Accounting Week

 

Sedangkan national competition dimenangkan oleh Tim Ubaya 2 Sebagai juara 1, Tim Ubaya 1 sebagai juara 2, dan T-Account (Universitas Trisakti) Sebagai juara 3. Selain itu, terdapat pemenang untuk permainan accounting board race yaitu dari USU 1 (Universitas Sumatra Utara), Accrued (Universitas Airlangga), dan UWM 1 (Universitas Widya Mandala).

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

LEAVE A REPLY