Selesai Kuliah Mending Kerja atau Jadi Wirausaha?

Ketika menyelesaikan bangku perkuliahan, seringkali muncul pertanyaan “mending kerja atau jadi wirausaha” kamu akan jawab apa? Apakah kamu langsung “saya akan kerja” atau kamu akan jawab “saya akan membuka usaha” atau kamu bingung ingin jawab apa? Apakah kamu ingin keduanya atau salah satunya? Daripada bingung, yuk simak tips berikut.

Kerja

Nah, disini inspirators akan di beri pencerahan lebih baik bekerja atau membuka usaha?
Mungkin sebagian mahasiswa memimpikan dirinya setelah kuliah langsung mendapatkan pekerjaan, tapi mendapat pekerjaan tidak semudah yang kalian bayangkan, harus tahu kualitas diri kamu dan perusahaan yang kamu idam-idamkan. Harus bersaing dengan ribuan orang untuk memperebutkan jabatan tersebut. Selagi kuliah kamu harus putar otak bagaimana caranya agar uang yang selama ini di keluarkan tidak sia-sia, jika kamu ingin bekerja, hal yang harus kamu lakukan yaitu:

1. Harus rajin belajar

Jangan malas belajar kalo kamu ingin masuk di perusahaan yang terkenal

2. Nongkrong

Universitas Indonesia

Eits ini bukan sembarang nongkrong, kalo kata anak zaman now itu, nongkrong yang berfaedah bareng orang-orang yang ambisius untuk meraih mimpi, siapa tahu dari nongkrong ini kamu dapat relasi.

3. Persiapkan diri

sumber: diarylounge.com

Persiapkan diri seperti: menyiapkan CV, mengumpulkan karya, belajar bahasa Inggris atau bahasa lain.

Wirausaha

Nah itu kan hal yang harus di persiapkan untuk inspirators yang ingin kuliah langsung kerja, ini adalah hal yang haruskan ketika kamu ingin membuka usaha.
Membuka usaha memang adalah hal yang banyak orang impikan, selain membantu kamu agar kamu tidak menganggur selesai kuliah, tapi kamu juga dapat membantu orang lain supaya mendapat pekerjaan. Ini adalah cara agar kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses.

1. Harus berlatih

sumber : infokewirausahaan.com

Misalnya kamu ingin jadi pengusaha bakso, kamu jangan malas untuk berlatih membuat bakso banyak lah bertanya pada orang lain mengenai bagaimana cara membuat bakso.

2. Jangan gampang nyerah

sumber: www.change.org

Ini penyakit utama waktu seseorang gagal jadi pengusaha sukses, masa cuma gagal satu kali ketika kamu belajar masak bakso, kamu sudah nyerah, yuk kita bangkit lagi

3. Gabung komunitas

Foto: https://www.surlatable.com/

Sekarang banyak banget komunitas untuk orang-orang yang ingin buka usaha, nah kamu gabung aja selagi dapat ilmu tentang perdagangan, kamu juga akan dapat relasi yang bisa membantu kamu dalam berwirausaha.

Intinya mau kamu kerja atau berwirausaha, dalam hidup ini jangan gampang nyerah, jangan banyak mau tapi gak mau usaha. Orang banyak mau itu harus banyak berusaha. Selamat menggapai mimpi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here