Keren! Band Hardcore Asal Bandung Ini Tur Musik Di 20 Kota Di Eropa

Foto: Jawapos.com

Jeruji, Band hardcore asal Bandung baru saja menyelesaikan tur di 7 negara berbeda di Eropa. Tur musik mereka dimulai dari Paris, Perancis pada tanggal 8 April 2017 dan berakhir pada tanggal 30 April 2017 di kota Bailleul, Perancis.

Uniknya, band yang beranggotakan Ginan (vokal), Andre (gitar), Icad (gitar), Pengex (bas), dan Sani (drum) ini melakukan tur dan tampil dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan tur musik. Mereka tur di 20 kota di 7 negara nonstop selama 25 hari dengan menggunakan mobil van.

Tujuh negara tersebut adalah Prancis, Belgia, Hungaria, Republik Ceko, Austria, Jerman, dan Polandia. Kota-kota yang mereka singgahi dalam tur itu, antara lain, Paris, Mons, Nantes, Budapest, Esztergom, Veszprem, Ostrava, Brno, Chojonice, Gdynia, Karlovy Vary, Jirkov, Dresden, Prague, Vienna, Plzen, Liberec, Leper, dan Bailleul.

Tur musik mereka di Eropa menjadi pengalaman dan kebanggaan tersendiri bagi Jeruji. Salah satunya adalah sambutan penggemar musik hardcore Eropa yang begitu meriah. Meski panggunng kecil dan penonton tak terlalu banyak tetapi Jeruji disambut penuh antusias. Jeruji pun selalu mendapat kehormatan tampil terakhir setelah band-band hardcore punk Eropa.

“Para penonton tidak sungkan untuk ikut bernyanyi, berteriak, dan bahkan bergoyang bersama. Padahal, kebanyakan lagu kami berbahasa Indonesia. Beberapa bahasa Inggris. Tapi, mereka juga tidak mengerti liriknya,’’ ungkap Ginan sebagaimana dilansir dari Jawapos.com.

Band Jeruji dalam jumpa pers (Foto: Bekraf.go.id)

Keberhasilan Jeruji dalam European Tour Jeruji 2017 tidak luput dari dukungan Badan Ekonomi Kreatfi (Bekraf) melalui program Satu Pintu yang merupakan jalan bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan dukungan dari Bekraf hingga pada akhirnya karya-karya mereka bisa mendapat tempat dalam skala nasional maupun internasional.

“Para pelaku Ekonomi Kreatif yang terpilih melalui Satu Pintu dapat dipastikan mereka memiliki sebuah karya yang luar biasa kreatif dan tentunya original. Keberhasilan Jeruji ini diharapkkan dapat memotivasi para pelaku ekonomi kreatif yang lain untuk lebih kreatif” ujar Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah, Bekraf.

Selama hampir sebulan tur mengelilingi eropa, band asal bandung ini mendapat perhatian dari dunia musik internasional dengan banyaknya mendapat tawaran kerjasama yang ditunjukan dari para promotor Eropa.

“Mereka para promotor meminta kita untuk membuat dan melaunching album seperti kaset hingga vinyl disini (Eropa), bukan hanya itu tahun depan kita juga diajak untuk manggung di stage musik yang lebih besar dan bergensi di Eropa” papar Vincent, Manager Band Jeruji. Tentunya hal tersebut merupakan hal yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif sub-sektor musik di Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here