jalan kartini di belanda

Setiap tanggal 21 April biasanya kita selalu memperingati hari Kartini, tokoh emansipasi wanita yang sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan kalau dulu ada pelajaran pianika, rata-rata lagu yang diafal adalah lagu Ibu Kita Kartini (bener gak?). Nah tapi terlepas dari itu semua, ternyata nama Kartini sudah mendunia. Salah satu contohnya adalah nama Kartini ini dijadikan sebagai nama jalan di 4 kota di Belanda. Yup, Belanda dan Indonesia pastinya memiliki ikatan dan sejarah yang kuat, 350 tahun kita di jajah oleh Belanda dan banyak juga orang Indonesia yang akhirnya hijrah ke Belanda. Berikut ini adalah 4 kota di Belanda yang menggunakan nama Kartini sebagai nama jalan :

1. Jalan Kartini di Haarlem

Jalan Kartini di wilayah Haarlem memiliki letak yang cukup menarik karena dikelilingi oleh nama Jalan yang sangat tidak asing juga di telinga kita. Di tempat ini, jalan Raden Adjeng Kartini berdekatan dengan tokoh pahlawan lainnya, yaitu Sutan Sjahrir dan Muhammad Hatta. Jalan Kartini di haarlem juga bersinggungan langsung dengan jalan Chris Soumokil, presiden Republik Maluku Selatan kedua.

2. Jalan R.A Kartinistraat di Utrecht

Salah satu jalan yang dinamai RA Kartini berada di kota Utrecht. Kartini Boulevard ini merupakan salah satu jalan utama berbentuk ‘U’. Jalan Kartini sendiri tampaknya cukup istimewa karena berukuran lebih besar dari jalan-jalan dengan nama pahlawan lain seperti Che Guevara, Augusto Sandino, Steve Biko, dan Agostinho Neto. Penghormatan yang luar biasa bagi seorang pejuang wanita dari Indonesia.

3. Jalan R.A Kartinistraat di Amsterdam

Terakhir, Raden Adjeng Kartini juga digunakan sebagai nama jalan di ibukota Belanda, Amsterdam. Jalan R.A Kartinistraat terletak di kawasan Zuidoost atau lebih dikenal dengan sebutan Bijlmer. Tak seperti di tempat lain, di sini nama RA Kartini ditulis dengan lengkap Raden Adjeng Kartini. Di sekitar Jalan R.A Kartinistraat berjejer pula nama-nama tokoh wanita lain yang terkenal di dunia seperti Nilda Pinto, salah satu tokoh wanita dari belanda.

4. Jalan R.A Kartinistraat di Venlo

Kota Venlo terletak di Belanda bagian selatan, tepatnya di kawasan Hagerhof. DI tempat ini jalan R.A Katinistraat berbentuk ‘O’. Di sekitarnya, terdapat pula jalan-jalan lain yang dinamai dengan tokoh-tokoh wanita dunia yang juga tercatat dalam sejarah, seperti Anne Frank, gadis Yahudi yang juga dikenal melalui tulisannya di zaman Nazi dan juga Mathilde Wibaut.   Kisah Kartini memang begitu kuat menginspirasi banyak wanita tidak hanya di Indonesia namun juga di negara lain.  Kartini lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah dan meninggal pada usia 25 tahun. Salah satu buku kumpulan surat RA Kartini ditulis dalam bahasa Belanda, Door duisternis tot licht diterjemahkan menjadi, “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Dia dimakamkan di Desa Bulu, 17 km dari kota Rembang, berbentuk pesanggrahan dengan cungkup atap berbentuk joglo. Tidak hanya makamnya, tetapi juga makam suami dan putranya. Semoga sosok Kartini ini bisa menginspirasi banyak wanita di Indonesia dan memunculkan “Kartini-kartini” era modern untuk berkarya dan menghasilkan karya yang positif.   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY