Kenapa Ya, Kue Nastar Jadi Hidangan Saat Lebaran?

Photo: lensa.id

Kamu pasti setuju kalau nastar menjadi salah satu kue kering lebaran favorit yang nggak pernah absen sebagai hidangan lebaran. Kue kuning bulat dengan isian selai nanasini punya citarasa manis yang ternyata bukan berasal dari Indonesia, lho. Nama kue ini berasal dari bahasa Belanda yaitu “ananas” dan “tart“, yang kini kedua kata itu disingkat menjadi nastar. Konon, kue nastar diciptakan sejak zaman penjajahan Belanda karena terinspirasi dari pai.

Awalnya dari pai

Photo: pixabay | kue pie blueberry

Zaman itu, pai sedang populer di beberapa negara barat sehingga orang-orang Belanda yang tinggal di Indonesia pun mencoba untuk membuatnya. Aslinya, pai hanya terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, mentega, gula, dan telur dengan aneka topping selai buah-buahan yaitu stroberi, blueberry, atau apel.

Karena buah-buahan itu dulu sulit ditemukan di Indonesia, orang-orang Belanda menggantinya dengan selai buah nanas yang saat itu mudah ditemukan di Indonesia. Selain karena harganya murah, nanas juga punya citarasa asam manis yang hampir sama dengan stroberi.

Mengalami modifikasi

Supaya lebih mudah disantap, pai pun mengalami modifikasi. Yang awalnya selai nanas dijadikan topping, sekarang dijadikan isian. Bentuk kue ini pun menjadi bulat kecil dan di atasnya diberi cengkeh–pada masa itu, rempah-rempah seperti cengkeh sangat melimpah di Indonesia–supaya aromanya lebih sedap. Kue bulat ini dulunya hanya bisa dinikmati kalangan bangsawan karena mahalnya harga cengkeh.

Photo: kulineri.com | nastar topping cengkeh

Setelah Indonesia merdeka, kue kering ini mulai dikenal masyarakat dari berbagai kalangan. Belum diketahui secara pasti kapan kue nastar mulai dijadikan hidangan saat lebaran, tapi alasan kue ini sering muncul saat lebaran adalah karena bahan bakunya mudah didapat dan lebih terjangkau harganya–tidak seperti kue kastangel.

Seiring berjalannya waktu, kue nastar mempunyai banyak variasi isian dan bentuk. Seperti nastar durian, nastar keju, nastar cokelat, nastar bentuk jagung, nastar bentuk burger, dan sebagainya. Meskipun banyak variasi, lembutnya adonan kue nastar menjadi salah satu alasan kue ini banyak disukai orang. Nggak salah kalau kue ini nggak pernah absen dihidangkan saat lebaran.

Nah, itulah alasan kue nastar selalu muncul saat lebaran. Saat nanti kamu bersilaturahmi ke rumah kerabat, coba perhatikan, ada kue nastar nggak, ya?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here