Kenapa 5 Juni Diperingati Sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia?

Credit: google

Hari ini, 5 Juni, diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang sudah menjadi agenda rutin tahunan di berbagai belahan dunia. Penetapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia awalnya merupakan usulan yang diajukan Jepang dan Senegal dalam Konferensi Stockholm–konferensi pertama PBB–terkait lingkungan hidup manusia pada 1972. Konferensi itu diadakan di Stockholm, Swedia, pada 5-16 Juni 1972.

Idenya berawal dari kondisi lingkungan pada masa itu

Saat itu, kondisi lingkungan di berbagai negara menimbulkan berbagai keresahan bersama. Misalnya, mewabahnya penyakit Minamata–sindrom yang menyerang fungsi saraf–di Jepang dan kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Eropa. Dan sebelumnya, pada 1960-an, terjadi banyak pembangunan dan pembakaran hutan di mana-mana yang berdampak pada masalah lingkungan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, delegasi Indonesia–Emil Salim–yang memimpin Konferensi Stockholm dan menjabat Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara saat itu, memperjuangkan aspirasinya supaya negara-negara sedang berkembang tidak menjadi korban dari keadaan lingkungan yang merugikan tersebut. Hingga akhirnya, keputusan akhir Konferensi Stockholm menyepakati penetapan 5 Juni, tanggal pembukaan konferensi, sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Punya tujuan mulia

Credit: google

Penetapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global untuk mengambil tindakan positif untuk perlindungan alam dan planet bumi. Tahun 2018 ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengusung tema “Connect With Nature” dan akan dirayakan di Kanada. Misi tema ini adalah untuk mengajak penduduk Bumi berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam sehingga tergerak keinginan untuk melindungi Bumi.

Sebagai penduduk Bumi, sudah seharusnya kamu juga tergerak untuk menjaga dan melindungi Bumi dari kerusakan. Kamu bisa mulai memperingati Hari Lingkungan Hidup melalui berbagai aktivitas harian seperti menghemat penggunaan listrik, air, plastik, dan sebagainya. Tindakan positif sekecil apa pun pasti berdampak baik untuk Bumi. Nah, kamu punya rencana inspiratif apa untuk menjaga kelestarian Bumi?

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Mari sayangi Bumi kita.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here